Air Terjun Bongok – Tuban, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Berbagai wisata alam dapat Anda temukan dengan mudah jika berada di Tuban. Kota yang mendapat julukan Bumi Wali ini, memiliki destinasi alam yang masih “perawan” sehingga sangat menarik untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Salah tempat wisata yang masih cukup perawan adalah air terjun Bongok dengan letak tempatnya di Dusun Keroan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Tuban.

Meski tak sepopuler air terjun Nglirip yang pernah dibahas di sini, lokasi wisata ini begitu menyenangkan karena Anda dapat melihat secara langsung beningnya air di antara tebing-tebing sekelilingnya. Di balik keindahan yang ditawarkan air terjun Lembah Bongok, ternyata ada beberapa cerita misteri yang juga turut menyelimuti kawasan ini. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk merasakan sendiri bagaimana suasana tempat angker di Tuban tersebut.

Beberapa pengunjung yang megaku pernah melihat penampakan, mengatakan bahwa di air terjun Bongok ada sekumpulan hantu wanita atau seperti sosok kuntilanak. Namun pernah juga ada pengunjung yang sengaja datang untuk melakukan uji nyali. Ketika masuk tengah malam, mereka memulai ritual khusus sebelum melakukan proses “pemanggilan” makhluk gaib.

Benar saja, setelah menunggu beberapa waktu, tiba-tiba saja muncul sebuah penampakan seperti perahu atau jukung dari arah tengah kolam. Setelah muncul beberapa saat, perahu itu pun menghilang seolah ditelan kegelapan.

Sementara bagi pengunjung lain, air terjun Bongok juga disebut sebagai tempat keramat di Tuban karena adanya sebuah makam keramat yang posisinya memang tak jauh dari air terjun. Konon, makam itu merupakan makam Mbah Singonegoro. Semasa hidup, Mbah Singonegoro memiliki kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT sehingga mendapatkan sebutan wali. Oleh karena itu, banyak juga pengunjung yang datang ziarah ke makam, berwudhu, dan berdoa melalui perantara makam Mbah Singonegoro.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *