Air Terjun Sedudo – Nganjuk, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Salah satu tempat wisata populer di Nganjuk adalah air terjun Sedudo yang terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Pesona keindahan yang ditawarkan memang sangat menarik sehingga tidak heran jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama di sana. Akan tetapi, jika Anda pergi ke lokasi yang masuk dalam tempat keramat di Nganjuk ini, ada baiknya memperhatikan betul apa yang menjadi pantangan.

Air terjun Sedudo memang bukanlah tempat keramat, namun jika Anda berbuat sesuatu yang tidak sewajarnya maka konon berhati-hatilah pada kemalangan yang akan menimpa Anda. Perbuatan yang dilarang ada beragam seperti larangan berkata tidak sopan, berbuat asusila, membawa pulang benda temuan apa pun, dan jika Anda melihat sesuatu yang tidak wajar di sana, janganlah berkomentar.

Bagaimana jika Anda melanggar pantangan tersebut? Warga yang ada di sekitar sana berkata takkan lama umur pengunjung yang melanggar pantangan. Bisa saja ketika pengunjung dalam perjalanan pulang, ia bertemu dengan maut atau bisa juga ajal menjemput beberapa hari setelah pulang dari air terjun Sedudo.

Selain sisi misterius yang dibicarakan, air terjun keramat ini menjadi menarik karena menurut cerita turun-temurun, air di air terjun Sedudo berkhasiat membuat siapa pun yang membasuh muka dengannya menjadi awet muda dan berumur panjang.

Tidak hanya itu, banyak pengunjung yang membawa sesajen khusus untuk mengharap berkah dari air terjun Karangsemi. Pada tahun baru Suro, tradisi siraman juga tetap dilakukan oleh warga setempat sebagai bentuk sambutan ritual bersih desa. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan kesempatan menonton ritual yang dilakukan di air terjun Sedudo.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *