Air Terjun Singokromo – Nganjuk, Jawa Timur

 

www.tempatanger.com – Di Indonesia, hampir semua tempat wisata bernuansakan alam memiliki sisi mistis yang begitu diyakini kebenarannya oleh masyarakat setempat. Namun meski melekat dengan cerita mistis, tempat-tempat wisata tersebut tak pernah sepi pengunjung. Salah satu tempat wisata alam mistis adalah air terjun Singokromo yang letaknya ada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk.

Singokromo pun memiliki arti tersendiri yaitu singo berarti singa, sementara kromo berarti kawin. Jadi, dulunya di tempat ini ada begitu banyak singa berkumpul dan juga kawin sehingga tak banyak orang berani mendekat ke lereng Gunung Wilis, tempat di mana air terjun berada.

Sebutan tempat angker rasanya kurang tepat bagi air terjun Singokromo karena pengunjung dan masyarakat di sana lebih memosisikannya sebagai tempat keramat. Hal ini dapat Anda buktikan ketika malam bulan purnama, akan ada banyak orang yang mendatangi lokasi air terjun untuk mengambil air keramat.

Air dari air terjun tersebut diyakini oleh para pengunjung dapat menyembuhkan beragam penyakit. Jadi ada yang meminumnya langsung atau ada pula yang menyiramkannya pada area yang sakit.  Tidak hanya itu, konon bagi pengunjung yang masih lajang alias belum memiliki pasangan, disarankan agar mandi dengan air yang berasal dari air terjun Singkromo, maka tak lama kemudian ia akan segera menemukan jodohnya.

Air terjun Singokromo merupakan salah satu air terjun yang berada di Gunung Wilis dan cukup terjangkau kawasannya ketimbang air terjun lainnya. Jumlah air terjun di gunung itu sendiri terhitung banyak yaitu sekitar 10 atau 11 lokasi. Apabila Anda tertarik untuk mendatangi air terjun keramat di Nganjuk tersebut, langsung saja datang ke lokasi berikut:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *