Alas Ketonggo – Ngawi, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Alas Ketonggo merupakan nama sebuah hutan yang ada di Desa Babadan, Paron, Ngawi. Alas ini tentu mengingatkan kita pada Alas Purwo yang pernah kita bahas di sini karena keangkerannya. Jika Anda lantas berpikiran apakah ada kaitannya antara Alas Purwo dengan Alas Ketonggo? Jawabannya, ada.

Dari namanya saja, Alas Ketonggo sudah membuat bulu kuduk merinding yaitu katon berarti terlihat dan onggo berarti makhluk halus atau jika bisa diartikan “kehidupan makhluk halus yang terlihat”. Nah, kaitannya dengan hutan angker di Banyuwangi tadi adalah jika Alas Purwo diibaratkan “bapak” maka Alas Ketonggo ini adalah “ibu”.

Menurut juru kunci di Srigati (sebutan lain Alas Ketonggo), konon hutan angker di Ngawi itu dulunya merupakan tempat petilasan Raja Majapahit, Prabu Brawijaya V, saat akan melanjutkan ritual semedi ke Gunung Lawu.

Warga setempat menyebut Alas Ketonggo merupakan tempat keraton lelembut karena sering ada hal ganjil yang terjadi di sana seperti terdengar suara-suara tanpa ada wujudnya atau munculnya kilatan-kilatan cahaya warna-warni yang disebut-sebut bersumber dari atas pohon di sana.

Jika Anda berniat mengunjungi tempat ini, pastikan tidak ada niatan buruk pada diri Anda jika tidak mau hal aneh terjadi selama atau bahkan sesudah perjalanan. Saat memutuskan pergi lebih jauh ke dalam Alas Srigati, Anda akan merasakan nuansa mistis yang begitu kental menyertai langkah Anda di sana. Anda akan melihat bekas orang nyekar dari bunga yang tersebar di beberapa pohon, ada juga orang-orang yang memilih menetap di sana untuk semedi seumur hidupnya, dan lain sebagainya.

Apakah Anda berani menguji nyali dengan datang ke Alas Katonggo? Hati-hati saat pergi ke sana, bisa-bisa Anda tersesat dan tiba di kampung jin tanpa Anda sadari. Ingat, perilaku Anda selama perjalanan bisa mempengaruhi selamat atau tidaknya Anda keluar dari hutan angker tersebut.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *