Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuno – Malang, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Jika Anda akan mendaki ke Gunung Arjuno yang ada di Kota Malang, pastikan menyiapkan mental karena nantinya Anda akan bertemu dengan alas yang terkenal keangkerannya yaitu Alas Lali Jiwo. Jika diartikan, hutan angker di Gunung Arjuno berarti “Hutan Lupa Diri”. Mendengar namanya saja, kita sudah dibuat merinding, ya?

Menurut cerita dari pendaki yang pernah ke sana, suasana mistis di Alas Lali Jiwo memang terasa sangat kuat. Konon di tempat angker itu memang dihuni oleh para bangsa jin yang gemar menggoda pendaki saat melintas di sana. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan Anda memiliki sikap yang sombong atau berperilaku tidak baik di sana.

Kesalahan yang rata-rata dibuat oleh para pendaki adalah rasa angkuh karena bisa mendaki gunung berulang kali. Lalu mereka mencoba rute lain yang akhirnya berujung pada salah jalan dan tersesat. Jadi, meski Anda beberapa kali mendaki Gunung Arjuna, jangan sampai timbul perasaan sombong saat kembali mendaki ke sana.

Jika ada seseorang yang memiliki niat jahat, maka saat berada di Alas Lali Jiwo ini jangan terkejut jika tiba-tiba saja ia lupa diri dan akhirnya tersesat. Ada juga cerita dari masyarakat setempat di mana beberapa pendaki yang tiba-tiba saja menghilang ketika mendengar suara gamelan. Konon, menghilangnya pendaki tersebut karena “dibawa lari” oleh bangsa jin untuk dikawinkan dengan penghuni Gunung Arjuno.

Oleh karena itu, sebelum mendaki ke Gunung Arjuno dan melewati Alas Lali Jiwo, ada baiknya Anda tidak memakai pakaian dominan merah, berada dalam rombongan berjumlah ganjil, bersikap sombong, atau merusak situs-situs peninggalan kerajaan Majapahit yang ada di sana.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *