Alas Roban – Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Alas Robanwww.tempatangker.com – Alas Roban merupakan salah satu hutan kecil yang berada di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kawasan ini memang sudah lama dikenal sebagai tempat angker karena seringnya kejadian tak masuk akal dan juga kecelakaan yang menimpa pengendara saat melewati Alas Roban.

Jalanan di jalur angker ini memang begitu curam dan banyaknya tikungan tajam sehingga dapat membahayakan pengemudi jika tidak waspada serta mengantuk. Jadi, saat Anda akan melewati jalur ini pastikan bahwa tubuh tidak dalam kondisi lelah serta tidak mengantuk, dan kendaraan dalam kondisi prima.

Jika menilik sejarah, salah satu penyebab Alas Roban menjadi terkesan angker adalah kejamnya masa penjajahan VOC di masa lampau. Herman Williem Deandles menggagas pembuatan jalur penghubung Jawa Tengah dengan Jawa Barat dan memaksa kaum pribumi untuk bekerja membangunnya. Tak pelak banyak kaum pribumi yang berguguran saat membangun jalur tersebut sehingga meninggalkan jejak kepiluan semasa pembangunan De Grote Postweg (Alas Roban).

Tidak hanya itu, sekitar tahun 80-an, di Indonesia sedang marak Petrus (Penembak Misterius) yang diberitakan telah menembak puluhan lebih penjahat. Kabarnya, jasad-jasad yang telah ditembak mati oleh Petrus, dibuang begitu saja ke dalam jurang Alas Roban. Arwah dari jasad-jasad itu jugalah yang dipercaya mengganggu siapa pun yang melewati Alas Roban.

Ada banyak cerita viral yang terjadi saat melewati tempat angker ini seperti sekeluarga yang baru sadar bahwa mereka telah makan di warung yang melayang di atas jurang pada malam hari. Jadi, ada sebuah keluarga yang melewati jalur angker ini di malam hari dan karena lapar, mereka memutuskan menepi untuk makan di sebuah warung. Salah satu anggota keluarga membentur pasak penanda jalan, lalu kembali melanjutkan masuk ke dalam warung.

Beberapa hari kemudian, keluarga tersebut melakukan perjalanan pulang dan melewati Alas Roban di siang hari. Karena ada satu alasan, mereka memilih menepi dan turun dari mobil. Saat berjalan, salah satu keluarga yang membentuk pasak kaget bukan main ketika melihat pasak yang ditabraknya tempo hari berada di pinggir jurang yang sangat dalam. Padahal ia yakin bahwa warung yang mereka datangi letaknya sekitar 3 meter di dari pasak.

Masih banyak cerita mistis yang terjadi di tempat angker si Alas Roban. Jika Anda punya keberanian lebih, silakan datangi lokasi yang ada di peta berikut ini:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *