Ambarrukmo Plaza – Yogyakarta

www.tempatangker.com – Ambarrukmo Plaza atau Amplaz, singkatan yang dibuat oleh masyaratakat, merupakan nama sebuah pusat perbelanjaan terkenal di Jalan Laksda Adisucipto, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Berdiri pada tahun 2006, Ambarrukmo Plaza masih menjadi shopping mall terbesar di Yogyakarta.

Jika menilik ke belakang, lahan di mana tempat pusat perbelanjaan itu berdiri, dulunya adalah pesanggrahan Ambarukmo yang ditempati oleh Sultan Hamengkubuwono VII setelah turun tahta. Di atas lahan luas tersebut ada kebon milik raja yang berisikan kandang kuda pada bagian selatan dan juga kebun buah serta taman anggrek pada bagian utara.

Lalu pada sekitar tahun 1930-an, Sultan Hamengkubowo VII wafat dan semenjak saat itu kondisi lahan di area pesanggarahan menjadi tak terurus. Akhirnya pada tahun 1960-an, dibangunlah sebuah hotel yang sarat akan hal mistis seperti adanya sebuah kamar yang dikosongkan dan dikhususkan untuk Nyi Roro Kidul.

Beberapa tahun kemudian, hotel tersebut direncanakan akan dirubuhkan untuk didesain ulang. Namun, selama proses perombakan akan berlangsung, ada saja hal-hal misterius yang terjadi di sana seolah menghalangi para pekerja menyelesaikan tugas mereka. Kejadian ganjil seperti alat berat yang mendadak rusak atau beberapa pekerja yang tiba-tiba sakit kerap terjadi. Hingga akhirnya hotel yang ada di tempat itu berhenti beroperasi dan tutup.

Pada tahun 2000-an, pembangunan bangunan baru, Ambarrukmo Plaza, baru akan dikerjakan tepat di atas lahan bekas hotel. Kejadian ganjil dan bahkan memakan korban kembali terjadi terlebih pada saat pemasangan fondasi bangunan. Pada saat itu korban yang meninggal sebanyak kurang lebh 15 orang dengan penyebab yang tidak bisa dijelaskan dengan logika.

Titik-titik yang disebut-sebut sering muncul penampakan dan kejadian aneh di Ambarrukmo Plaza adalah bioskop (banyak yang mengaku bangku mereka digoyang-goyang padahal tak ada orang di belakangnya), kamar mandi, dan tempat parkir. Berani uji nyali di salah satu tempat angker di Yogyakarta ini?

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *