Gunung Agung – Karangasem, Bali

www.tempatangker.com – Memiliki ketinggian 3.031 meter diatas permukaan laut, menjadikan Gunung Agung sebagai gunung tertinggi di Pulau Bali. Selain itu, gunung yang satu ini juga menjadi sebuah gunung keramat bagi masyarakat Hindu di Bali.

Gunung Agung yang terdapat di Pulau Bali ini dipercaya sebagai tempat persemayaman dewa-dewa sekaligus lokasi keberadaan istana dewata. Karenanya, bukan hal yang mengherankan jika Gunung Agung menjadi tempat keramat yang disucikan.

Pesona yang dimiliki oleh Gunung Agung tentunya menarik banyak pendaki untuk menjelajahinya, namun konon tak sembarang pendaki dapat melakukan pendakian gunung keramat di Bali ini. Para pendaki harus mengantongi izin dari orang suci terlebih dahulu. saat melakukan pendakian pun mereka juga harus ditemani oleh orang suci agar mereka terhindar dari malapetaka.

Ada beberapa mitos Gunung Agung yang berisikan larangan tertentu, yang harus dipauthi oleh para pendaki selama mereka berada di kawasan gunung keramat bagi masyarakat Hindu Bali ini.

Pendaki dilarang membawa daging sapi karena hewan tersebut dianggap suci. Kemudian, para pendaki juga dilarang mengenakan baju warna merah atau hijau. Warna merah dipercaya sebagai warna kesukaan makhluk gaib penunggu Gunung Agung, sementara warna hijau adalah warna kesukaan Ratu Pantai Selatan. Hubungannya, masyarakat Bali memiliki kepercayaan yang menganggap gunung dan laut sebagai sepasang suami istri, karenanya harus dihormati.

Masyarakat Hindu Bali juga percaya apabila terdapat pendaki yang mengalami celaka atau hilang selama pendakian, berarti orang tersebut adalah orang yang kotor karena memiliki niatan jelak dalam pendakiannya.

Masyarakat Hindu Bali juga memiliki kepercayaan terkait kera putih penunggu Gunung Agung yang disebut sang wenara petak atau bojong putih. Kala sang kera putih ini turun gunung, masyarakat percaya bahwa hal tersebut membawa pertanda buruk. Misalnya saja pertanda bahwa akan terjadi letusan.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *