Kompleks Sekolah Santo Aloysius – Bandung

www.tempatangker.com – Di Kota Bandung terdapat sebuah kompleks sekolah yang berumur cukup tua. Kompleks sekolah itu bernama Santo Aloysius. Dibangun sejak jaman penjajahan di Indonesia, kompleks sekolah swasta Khatolik ini memiliki sebuah cerita tersendiri yang membuatnya disebut sebagai salah satu sekolah angker di Bandung.

Kompleks sekolah Santo Aloysius Bandung ini dibangun pada tahun 1930. Merupakan sebuah kompleks sekolah swasta Katholik dan termasuk salah satu sekolah paling tua di Bandung. Kompleks sekolah ini terdiri dari SMA, SMP, SD, TK serta Pra-TK yang berada dibawah naungan Yayasan Mardiwijana dan Satya Winaya. Adapun bangunan kompleks sekolah yang disebut sebagai tempat angker adalah bangunan kompleks SMP dan SMA Santo Aloysius.

Kompleks sekolah Santo Aloysius Bandung bagian SMP dan SMA disebut angker karena sering terdengar suara rintihan menakutkan yang tak jelas sumbernya. Selain itu, konon di wilayah sekolah tersebut juga sering kali terlihat penampakan hantu pastur sedang berkeliaran. Penampakan hantu pastur tersebut berkeliaran sembari mencari kepalanya yang hilang. Tidak diceritakan dengan pasti alasan terkait tragedi yang menimpa penampakan sang pastur.

Menurut sejarahnya sendiri yang cukup pahit, kompleks sekolah angker ini dulunya pernah digunakan sebagai kamp konsentrasi Belanda. Serta lokasi untuk melakukan eksekusi kepada para tawanan, termasuk biarawan Ordo Salib Suci atau Ordo Sanctae Crucis (OSC) yang merupakan pendiri kompleks sekolah Santo Aloysius Bandung.

Setelah Negara Republik Indonesia merdeka, bangunan angker kompleks sekolah ini sempat terbengkalai untuk beberapa waktu lamanya. Namun aktivitas di kompleks sekolah ini kembali berlangsung setelah Negara Indonesia menyerahkannya kembali kepada Gereja Katholik (Ordo Salib Suci) di tahun 1950-an. Beberapa bagian bangunan lama seperti biara tetap dipertahankan. Para frater juga masih mengajarkan pelajaran agama untuk SMP dan SMA.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *