Batu Bleneng – Cirebon, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Jika melintas di Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) Anda akan melihat sebuah batu berukuran sangat besar yang berada di pinggir jalan tepat di KM 183. Batu tersebut adalah Batu Bleneng dan bisa Anda lihat di sebelah kanan jika dari arah Jakarta – Palimanan sementara jika dari arah Cirebon, Anda bisa melihatnya di sisi kiri jalan.

Batu yang memiliki tinggi kurang lebih 4 – 5 meter ini terlihat begitu mencolok dari kejauhan. Begitupun kejadian misterius yang santer terdengar dari si batu raksasa, Batu Bleneng. Sebelum tol dibangun, batu ini memang sudah terkenal wingit. Banyak pendatang yang sengaja berziarah ke Batu Bleneng dan meminta agar urusan yang sedang dikerjakan dapat berjalan lancar.

Saat pembangunan tol sendiri pun batu ini juga menunjukkan “kekuatan”-nya. Batu Bleneng benar-benar tidak mau dipindah atau digeser dari tempatnya berasal. Padahal sebuah gunung saja mau dibelah untuk membuat jalan tol, tapi Batu Bleneng seolah bersikukuh dengan tetap di tempat. Saat dipaksa dipindah pun, peralatan yang memindahkannya malah rusak. Akhirnya, terjadi kesepakatan Batu Bleneng tak perlu dipindah.

Masyarakat setempat juga lebih senang jika Batu Bleneng tidak dipindah, karena mereka menduga bahwa Batu Bleneng dulunya digunakan nenek moyang untuk menutup mata air. Mereka takut jika dipindah, akan timbul musibah banjir besar di wilayah mereka.

Memang beberapa kali kecelakaan terjadi di sana sehingga ada juga pengendara yang menyebut daerah Batu Bleneng sebagai tempat angker di Cirebon. Oleh karena itu, saat melintas di daerah sana, Anda jangan lupa berdoa sembari menyalakan klakson sebagai tanda minta izin kepada penunggu Batu Bleneng.

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *