Batu Krobu – Probolinggo, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Bagi Anda yang pernah ke Probolinggo, cobalah sesekali untuk pergi ke desa-desa yang ada di dekat sana karena beberapa darinya terdapat desa yang menyimpan sejumlah misteri. Sebagai contoh di Kecamatan Wonomerto, ada sebuah desa bernama desa Sumberkare dan di dalamnya terdapat sebuah batu misterius yang dinamai Batu Krobu.

Batu ini berukuran hampir sebesar sebuah rumah dan berada tepat di atas tegal milik warga di desa sana. Menurut warga di sana, termasuk si pemilik tegal, Batu Krobu sudah ada di sana sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan ada cerita yang beredar bahwa salah satu tempat angker di Probolinggo itu merupakan perwujudan dari seorang ratu.

Konon sang ratu yang dikawal oleh prajuritnya hendak menyebrang ke Pulau Madura namun karena suatu hal mereka berhenti di lokasi tepat Batu Krobu itu berada. Keyakinan warga yang menyatakan bahwa Batu Krobu adalah jelmaan sang ratu semakin bertambah karena adanya batuan-batuan seukuran kepala yang diyakini sebagai perwujudan prajurit-prajurit sang ratu.

Ketika mendatangi tempat keramat ini, warga desa menghimbau agar bertingkah laku sopan dan tidak berkata kasar agar tak terjadi hal yang tak menyenangkan. Himbauan tersebut tentu berlaku sejak ada kejadian di mana seseorang yang nekat ‘menantang’ kewingitan Batu Krobu. Tanpa rasa takut, ia memanjat batu tersebut. Warga pun resah dan segera meneriakinya agar turun dari Batu Krobu.

Segera setelah menginjakkan kaki ke tanah, ia mendadak tak sadarkan diri. Lalu ketika sadar, ia berubah menjadi seorang yang hilang akal alias gila. Peristiwa di depan mata itu membuat warga semakin yakin bahwa Batu Krobu bukanlah batu sembarangan. Ada juga warga dari daerah lain sengaja berkunjung ke tempat keramat di Probolinggo ini dengan harapan doa mereka dikabulkan. Percaya atau tidak, Anda bisa langsung ke lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *