Bekas Pabrik Padi – Ketintang, Surabaya

www.tempatangker.com – Salah satu tempat angker di kawasan Kota Surabaya yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah sebuah bangunan mangkrak yang berada di wilayah Ketintang. Bangunan angker itu tidak lain adalah bekas pabrik padi Ketintang.

Bangunan bekas pabrik padi Ketintang yang berdiri dengan kokoh dan berselubung pagar besar di bagian luarnya itu merupakan bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda. Tempat angker di Surabaya itu berdiri tepatnya pada tahun 1867.

Pada awal pembangunannya, bekas pabrik padi Ketintang angker tersebut sebenarnya merupakan sebuah pabrik gula. Pabrik yang beralamat di Jalan Ketintang Madya itu kemudian diganti menjadi pabrik padi. Namun sayangnya produksi padi di tempat itu memiliki hasil yang rendah. Dan dengan harapan dapat meningkatkan produksi, pabrik tersebut pun sempat dijual kepada pihak swasta. Sial tak dapat dirubah, produksi pabrik padi tersebut justru makin menurun hingga akhirnya terpaksa harus ditutup.

Bangunan bekas pabrik yang masih dihuni hingga tahun 90an itu pun semakin ditinggalkan. Hal tersebut terjadi seiring dengan beredarnya kabar akan banyaknya kasus penampakan yang terjadi disana.

Penduduk di sekitar lokasi pabrik angker itu mengatakan disana sering terlihat penampakan noni Belanda. Ada juga yang mengatakan pernah melihat penampakan hantu menyerupai nenek yang konon pernah menjadi korban hukuman penggal saat penjajahan Belanda. Yang paling seram, ada yang mengaku pernah melihat penampakan hantu tentara Belanda sedang berlatih baris-berbaris.

Lebih lanjut, informasi yang beredar mengatakan bahwa terkadang juga terdengar suara aneh dari arah pabrik berhantu di Surabaya itu. Suara itu menyerupai suara mesin pabrik yang sedang aktif bekerja. Saat ditutup dan ditinggalkan, sebagian besar mesin dan alat berat lain memang ditinggalkan begitu saja di dalam pabrik. Tetapi, siapakah gerangan yang mengaktifkan kembali mesin pabrik tersebut?

LOKASI :

Apa komentar anda?