Benteng Portugis – Jepara, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Benteng Portugis merupakan salah satu destinasi wisata populer yang ada di Kecamatan Donorojo, Jepara, Jawa Tengah. Letaknya yang dekat dengan pantai dan peranan pemerintan yang mempercantik Benteng Portugis Jepara semakin menambah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di balik keindahan benteng ini, tetap saja benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan yang identik dengan misteri dan mitos. Misteri yang tersimpan di benteng ini, perlahan dikuak oleh Bapak Subekti Sahlan dengan metode mengumpulkan berbagai informasi terkait Benteng Portugis dari sumber-sumber terpercaya.

Dikatakan bahwa Benteng Portugis Jepara ini dibangun untuk kepentingan persaingan dagang bangsa Portugis dengan bangsa pendatang lain seperti bangsa Belanda dan Inggris. Akan tetapi, bangsa Portugis tak terlalu menempati benteng itu dikarenakan adanya “gangguan” tak lazim yang memakan korban penghuni benteng.

Tidak jauh dari Benteng Portugis, terdapat Selat Mondoliko yang dipercaya oleh masyarakat sebagai pintu gerbang Keraton Luweng Siluman. Raja dari keraton tersebut adalah Siluman Bajul Putih yang ternyata pernah bersumpah bahwa setiap ada orang berkulit putih seputih kulitnya (Bajul Putih) maka ia akan tersedot ke dalam laut.

Dan ternyata memang benar, dari sumber-sumber yang terkumpul banyak yang menyatakan bahwa banyak bangsa Portugis yang tersedot ke dalam air laut dan hilang begitu saja. Terlepas itu mitos atau bukan, nyatanya masyarakat sana meyakini tentang adanya cerita itu dari para sesepuh.

Mitos lainnya yang juga berkembang di sana bahwa jika ada sepasang kekasih yang datang ke Benteng Portugis, maka hubungan asmara mereka takkan bertahan lama. Mitos ini masih simpang siur atas kebenarannya karena jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan banyak bertemu dengan pasangan muda-mudi yang datang dan menikmati keindahan pantai dari benteng.

 

Lokasi Benteng Portugis Jepara:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *