Cadas Pangeran – Sumedang, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Cadas Pangeran merupakan nama sebuah kawasan yang terletak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Sumedang. Di sana juga terdapat patung Pangeran Kornel dan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels sebagai khas jalanan tersebut. Pada masa kolonial, pekerja pribumi diperintahkan untuk membangun jalan yang menghubungkan Cirebon dan Bandung. Tekstur tanah di kawasan tersebut begitu cadas serta bagian kanan dan kiri terdapat jurang tajam.

Alhasil ada ribuan pekerja pribumi yang tewas akibat kondisi tanah yang begitu sulit dikerjakan. Perlakukan yang sangat tidak manusiawi oleh kolonial Belanda itu mendapat kecaman keras dari Pangeran Kusumadinata IX.

Tidak hanya itu, pada masa petrus (penembak misterius) ramai di Indonesia, warga di sekitar Cadas Pangeran mengaku sering mengetahui mayat yang dibuang ke dasar jurang di sana. Mereka pun kerap menemukan mayat-mayat bertubuh besar dan bertato yang dimasukkan ke dalam karung dan dibuang di pinggir jalan Cadas Pangeran.

Konon, akibat peristiwa-peristiwa tersebut jalanan Cadas Pangeran menjadi angker dan menakutkan terlebih di malam hari.

Di kawasan itu terdapat tanjakan si Budi dan pancuran orok yang dikenal sebagai tempat terangker di Cadas Pangeran. Pernah ada seorang pengendara yang mendadak mesin kendaraannya mati ketika melintas di sana. Lalu saat turun memeriksa, tiba-tiba saja ia dikejutkan dengan muncul sosok tinggi berwarna hitam dengan wajah menakutkan.

Meski kawasan ini sudah lebih ramai dibandingkan dulu, tetap saja pengendara ekstra hati-hati saat melintas di Cadas Pangeran. Mereka biasanya memberikan salam atau melempar rokok ke jalan sebagai tanda “berpamitan” pada makhluk yang menghuni kawasan itu agar perjalanan mereka selamat. Apakah Anda berani lewat tempat angker di Sumedang ini?

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *