Candi Dadi – Tulungagung, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Candi Dadi, merupakan sebuah peninggalan sejarah pada masa kerajaan Majapahit yang letaknya berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Jika diperhatikan dengan seksama, Anda akan menyadari bahwa candi ini tidak memiliki arca maupun tangga masuk hiasan. Inilah yang disebut “Candi Tunggal”.

Sama seperti halnya peninggalan sejarah, Candi Dadi juga sarat dengan aura mistis sekaligus keramat terlebih jika dikaitkan dengan asal-usul candi itu.

Konon, dahulu kala ada seorang pangeran yang sengaja datang ke desa Kedungjalin untuk melamar seorang putri cantik jelita. Ia sebenarnya tak ingin menerima lamaran, namun karena tidak bisa menolak secara langsung, Sang Putri pun mau menerima lamaran dengan syarat Sang Pangeran harus bersedia membangun 4 buah candi dalam kurun waktu satu malam saja.

Bagi Sang Pangeran, syarat tersebut tidaklah sulit sehingga ia segera mulai proses pembangunan candi demi pujaan hatinya. Sang Putri tak menyangka jika persayaratan yang ia ajukan ternyata dengan mudahnya dikerjakan sehingga ia berpikir keras untuk menggagalkan usaha Sang Pangeran. Akhirnya ketika candi ke-4 hampir selesai, Sang Putri memerintahkan beberapa wanita untuk membunyikan suara lesung.

Mendengar suara lesung, Sang Pangeran menyangka hari telah berganti pagi dan akhirnya pembangunan candi ke-4 terpaksa tak diselesaikan. Tak berapa lama, Sang Pangeran menyadari bahwa hari masih petang dan ia merasa telah ditipu oleh Sang Putri. Dengan murkanya, Sang Pangeran mengutuk para wanita di desa itu takkan bertemu dengan jodohnya kecuali telah masuk usia tua.

Meski dikategorikan legenda, nyatanya sebagian besar wanita yang tinggal di desa tempat Candi Dadi berada baru bertemu dengan jodoh mereka ketika menginjak usia tua. Oleh karena itu, warga desat menjuluki candi itu sebagai salah satu tempat keramat di Tulungagung hingga saat ini.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *