Curug Bangkong – Kuningan, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Curug Bangkong merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Berat yang lokasinya ada di Kertawiratma, Kuningan atau sekitar 44 kilometer dari kota Cirebon. Pengunjung tidak akan kesulitan mencari wisata Curug Bangkong karena saat sudah dekat, Anda akan menemukan papan penunjuk yang mengarah ke sana.

Asal-usul nama Curug Bangkong menurut cerita yang beredar di masyarakat merujuk pada seorang pertapa bernama Wiria. Ia hidup berkelana dari satu tempat ke tempat yang lain sampai pada akhirnya ia merasa ada panggilan gaib yang mengajaknya ke sebuah curug di Kuningan tersebut.

Ia pun bertapa di sana dan sesekali membaur dengan masyarakat setempat serta mengajarkan cara membuat gula merah. Masyarakat di sana pun mendapatkan mata pencaharian baru sebagai pembuat gula merah terkenal.

Wiria kembali melanjutkan pertapaannya di curug dan lama tak kembali ke desa di dekat sana hingga masyarakat resah dan memutuskan ke tempat pertapaan. Namun, saat ke sana mereka tidak menemukan siapa-siapa dan menarik kesimpulan bahwa Wiria telah menuju kesempurnaan pertapaannya. Sejak saat itu juga di area curug sering terdengar suara kodok atau dalam bahasa Sunda disebut Bangkong dan akhirnya mereka menyebut curug itu Curug Bangkong.

Namun, ada pula cerita lain yang beredar dan lebih menyeramkan yaitu keberadaan Curug Bangkong ternyata menyimpan misteri. Di pernah ada seseorang bernama Yoyo yang meninggal di sana, akan tetapi keberadaan mayat Yoyo tak pernah ditemukan di tempat angker di Kuningan tersebut. Masyarakat meyakini bahwa Curug Bangkong mengambil mayatnya sebagai tumbal.

Pernah juga ada seseorang bernama Tatang yang memilih mengakhiri hidup di sekitar area Curug Bangkong dengan cara gantung diri. Apakah Anda berani datang ke lokasi di sini? Perhatikan ucapan dan perilaku Anda saat berada di sana.

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *