Jembatan Panus – Depok

www.tempatangker.com – Terletak di Jalan Tole Iskandar, terdapat sebuah jembatan yang sekaligus merupakan sebuah bangunan bersejarah. Jembatan tersebut merupakan bangunan peninggalan jaman penjajahan Belanda yang telah dididirikan sejak tahun 1917. Jembatan bersejarah tersebut dikenal dengan nama Jembatan Panus.

Pada masanya, jembatan tua tersebut memiliki peran penting yang menghubungkan Kota Depok dengan Kota Bogor untuk menuju Jakarta. Transportasi hasil bumi dan perdagangan, semuanya dilakukan dengan melewati Jembatan Panus. Meski pernah memiliki peran yang cukup penting kala itu, namun kini Jembatan Panus lebih dikenal oleh warga sebagai jembatan angker.

Ada banyak hal mistis disebut kerap terjadi di sekitar tempat angker di Depok tersebut. Dari penampakan hantu yang dipercaya sebagai sosok Stephanus Leander, seorang Betawi Depok yang merupakan mandor saat pembangunan Jembatan Panus. Sosok penampakan sang mandor disebut kerap muncul dengan menggunakan pakaian khas Belanda sembari menggendong anjing putih kesayangannya.

Ada juga sosok hantu wanita yang disebut juga kerap muncul di kawasan tersebut. Sebagian orang menyebutnya sebagai Nyai, yang dipercaya merupakan istri sang mandor. Sebagian lainnya menyebut sosok hantu itu sebagai Eti, wanita korban putus cinta yang mengakhiri hidupnya dengan menerjunkan diri dari Jembatan Panus.

Seakan menambah keangkeran Jembatan Panus, konon jembatan tua tersebut juga pernah menjadi lokasi pembuangan mayat korban pembunuhan oleh dua lelaki tak dikenal. Ditambah lagi, konon tidak sedikit orang terlihat kerap meninggalkan sajen disana. Warga percaya bahwa sajen-sajen tersebut digunakan untuk pelaku pesugihan dan tumbal. Ngeri sekali bukan?

Sebagai informasi tambahan, warga yang melewati jembatan itu seringkali membunyikan klakson. Hal itu dilakukan sebagai tanda permisi agar tidak diganggu oleh makhluk gaib yang ada disana, karena konon disana kerap muncul penumpang gaib yang sering ikut membonceng pengendara motor atau supir angkot saat suasana sedang sepi. Hiii seram..

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *