Desa Terung – Magetan, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Desa Terung merupakan nama sebuah desa di salah satu sudut Magetan yang masih kental dengan keyakinan animisme dan tradisi turun temurunnya. Ketika masuk ke wilayah ini saat malam hari, Anda akan merasakan bau dupa yang meyeruak di antara rumah-rumah penduduk. Oleh desa-desa di sekitarnya, Desa Terung dijuluki desa wingit karena nuansa misteriusnya tersebut.

Awal mula disebut sebagai Desa Terung diduga kuat karena adanya tempat keramat berupa pemakaman kuno milik Adipati Terung. Pada hari-hari tertentu, warga Desa Terung membawakan sesajen sembari ngalap berkah (meminta keberkahan) ke makam itu. Masyarakat di desa ini pun juga memberikan peringatan bahwa bagi siapa saja pengunjung yang masuk tempat angker tersebut dilarang membawa benda apa pun dari desa Terung karena jika nekat, maka nasib buruk akan menimpa.

Peraturan tak tertulis ini konon berasal dari zaman dahulu di mana Indonesia masih ramai dengan kerajaan-kerajaan. Ada sebuah kejadian yang mengakitbatkan tercetusnya sumpah serapah yang berisi apapun yang berada di Desa Terung tidak akan pernah bisa keluar. Dan jika pun bisa keluar, maka nyawa orang yang mengeluarkan akan dipertaruhkan.

Konon pernah ada orang yang membeli batu di Desa Terung lalu membawanya dengan diangkut sebuah truk. Setelah memastikan semua baik-baik saja, ia pun meninggalkan Desa Terung. Namun malang seperti tak dapat dielak, di tengah perjalanan truk beserta sopirnya mengalami kecelakaan dan tak ada nyawa yang bisa diselamatkan. Sejak saat ini, baik warga Desa Terung maupun desa di sekitarnya semakin yakin bahwa benda-benda dari desa tersebut membawa petaka jika dipaksa keluar dari sana.

 

Lokasi Desa Terung:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *