Genuk Kemiri dan Makam Kembangjoyo Aryo Kencono – Pati, Jawa Tengah

kembangjoyo aryokusumo - www.tempatangker.com

kembangjoyo aryokusumo – www.tempatangker.com

Tempatangker.com – Salah satu tempat keramat di Kabupaten Pati, Jawa Tengah yaitu Genuk Kemiri. Genuk Kemiri adalah salah satu diantara belasan objek wisata yang menarik di Kabupaten Pati. Genuk atau yang biasa disebut tempayan merupakan sejenis keramik yang digunakan untuk upacara tertentu di kalangan masyarakat Bidayuh, Iban, Kenyah, Murut dan sebagainya. Genuk Kemiri berlokasi di bekas pusat pemerintahan Kadipaten Pati, sebelum dipindahkan ke Kampung Kaborongan, Kelurahan Pati Lor hingga sekarang. Tempat ini semula ditumbuhi pohon besar dan rampun bambu. Bagian depan lokasi tersebut terdapat pohon beringin tua.

Di belakang sisi utara pendapa terdapat cungkup mirip sebuah makam. Ditempat itulah terdapat sebuah genuk yang dikenal sebagai Genuk Kemiri yang kondisinya sudah tidak utuh lagi karena pecah.

Di tempat ini terdapat sebuah makam dan sebuah batu yang berasal dari tumpukan kemenyan. Makam ini menurut penjelasan dari sang juru Kunci adalah tempat bertemu moksa (berpisahnya jiwa dan raga. Yang jasadnya juga menghilang) antara Joyokusumo dan juga patihnya yaitu Aryo Singosari atau dalang Soponyono. Jadi Kembangjoyo ini dimanapun tempatnya tidak ditemukan kuburannya. Nama makam ini adalah Kembangjoyo Aryo Kencono diambil dari kata Kembangjoyo dan Aryo Singosari serta Kencono yang artinya pusaka. Makam ini sering diziarahi bilamana bertepatan dengan Pilkada. Padahal makam ini belum jelas milik siapa atau hanya sebatas petilasan.(ara/rah)

Lokasi:

Apa tanggapan anda?

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *