Goa Lawah – Bali

www.tempatangker.com – Apakah Anda pernah mendengar salah satu lokasi wisata Goa Lawah yang ada di Bali? Goa ini begitu menakjubkan dengan adanya pura di bagian depan, namun juga menyimpan misteri yang kerap dihubung-hubungkan dengan mitos atau legenda tertentu. Ada yang menyebut Goa Lawah sebagai salah satu tempat keramat di Bali karena kemisteriusannya tersebut.

Ketika memasuki Goa Lawah, Anda akan melihat ada banyak kelelawar yang bergelantungan di sana. Jadi rasanya wajar jika goa misterius disebut sebagai Goa Lawah di mana ‘Lawah’ merujuk pada kelelawar dalam bahasa Indonesia. Kelelawar-kelelawar tersebut juga dilindungi sehingga siapapun dilarang untuk menangkap ataupun memburunya. Jika memperhatikan relief yang ada di bagian gerbang, Anda akan melihat simbol kelelawar yang diyakini ada kaitannya dengan kedudukannya di goa tersebut.

Legenda lokal yang menyertai goa ini adalah keberadaan sungai yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, Goa Lawah juga erat kaitannya dengan Pura Besakih yang berada di lereng Gunung Agung, Bali. Bahkan disebut-sebut dulu pernah ada lorong yang menghubungkan Goa Lawah dengan Pura Besakih sepanjang 30 kilometer. Namun sayang, karena pernah terjadi gempa besar, lorong penghubung tersebut runtuh.

Masyarat Hindu di Bali mengatakan bahwa Goa Lawah merupakan perlambang kepala Naga Basuki dengan badannya dan ekornya yang berakhir di kompleks Pura Besakih. Naga Basuki sendiri memiliki arti tersendiri dalam mitologi Hindu yaitu dari 3 naga jelmaan, Naga Basuki merupakan salah satunya dan sengaja diturunkan oleh dewa untuk menyelamatkan bumi.

Oleh karena itu, ketika Anda datang ke Goa Lawah, janganlah berperilaku tidak sopan atau berkata kasar. Keramatnya lokasi ini tentu bisa saja membuat ‘penghuni’ di dalamnya marah dan memperlakukan Anda sama tak sopannya. Karena begitu sucinya tempat ini, tiap kali selesai mengadakan Upacara Ngaben, umat Hindu harus ke Pura Goa Lawah dan juga Pura Besakih untuk bersembahyang.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *