Goa Ndalem – Nganjuk, Jawa Timur

 

www.tempatangker.com – Sekilas Anda akan merasakan nuansa luar negeri saat melihat tulisan Goa Ndalem yang begitu besar dan mencolok di kaki Gunung Wilis. Banyak orang menyebut kawasan ini sebagai hollywood Nganjuk berkat tulisan yang mencolok tersebut. Goa Ndalem sendiri berada tepat di desa Kebonagung, Kecamatan Sawahan, Nganjuk.

Keberadaan Goa Ndalem sendiri sebenarnya sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat setempat, dan pada tahun 2016 pemerintah desa Kebonagung resmi membuka lokasi ini sebagai salah satu destinasi wisata agar masyarakat di luar sana mengetahuinya. Namun bagi masyarakat yang tinggal di Sawahan menyebut juga bahwa Goa Ndalem merupakan tempat keramat di Nganjuk.

Menurut kabar yang beredar di sana, Goa Ndalem dulunya merupakan sebuah padepokan milik keturunan ke-7 Raden Patah yang bernama Raden Ayu Kaji Siti Kalimah. Padepokan ini berisi murid-murid yang siap digembleng untuk menjadi pribadi yang baik dan kuat.

Di sekitar Goa Ndalem sendiri juga terdapat goa-goa keramat lain yang diketahui berjumlah 4 goa dimana masing-masing memiliki cerita tersendiri. Dimulai dari Goa Topo yang diyakini oleh warga sebagai tempat pertapaan, lalu ada Goa Payung yang jika diperhatikan memang bentuknya menyerupai payung, ada juga Goa Kucur yang dipercaya sebagai tempat Raden Ayu Kaji Siti Kalimah berwudhu, dan terakhir Goa Macan yang konon sangatlah panjang hingga bisa tembus ke Kediri.

Apabila Anda ingin berlibur dengan nuansa alam yang masih asri dan kental dengan suasana keramat, tak ada salahnya jika berkunjung ke Goa Ndalem ini. Anda bisa melihat goa-goa yang masih alami serta terawat di sana. Tidak hanya itu, Anda pun bisa berekspresi berfoto di bawah tulisan Goa Ndalem Nganjuk.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *