Goa Sunyarangi – Cirebon, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Salah satu destinasi wisata yang kerap dipilih oleh warga Cirebon dan sekitarnya adalah Goa Sunyarangi. Lokasinya tak jauh dari pusat kota Cirebon yaitu di daerah Kesambi dan bahkan jika turun ke terminal Harjamukti, Anda hanya perlu menempuh beberapa waktu lagi untuk sampai ke sana.

Menurut sejarah dari masyarakat, Goa Sunyarangi dulunya digunakan oleh para anggota Kesultanan Cirebon untuk menyepikan diri. Coba Anda perhatikan di lokasi tersebut, ada banyak goa berukuran tidak terlalu besar, bukan? Goa-goa itulah yang digunakan oleh keluarga Kesultanan saat menyepi meminta petunjuk.

Di kawasan Goa Sunyarangi terdapat sebuah patung yang begitu dikeramatkan sedari dulu hingga saat ini oleh masyarakat setempat. Patung itu bernama Patung Baru Prawan Sunti yang bisa Anda temukan dengan mudah di salah satu goa bernama Goa Peteng. Lantas apakah yang membuat patung tersebut keramat?

Apabila Anda adalah seorang wanita yang masih lajang (belum pernah menikah), maka diwanti-wanti jangan sampai menyentuh atau bahkan memegang Patung Baru Prawan Sunti di Goa Sunyarangi tersebut. Konon jika nekat menyentuhnya, maka Anda bisa kesulitan bertemu dengan jodoh dan kelak menjadi perawan tua.

Memang tak semua pengunjung percaya akan mitos Goa Sunyarangi, namun pada kenyataannya masyarakat di sana masih meyakini mitos itu. Oleh karena itu, apabila Anda berkunjung ke Goa Sunyarangi dengan ditemani pemandu, biasanya mereka akan mengimbau agar pengunjung tetap berlaku baik dan tidak menyentuh Patung Batu Prawan Sunti.

Apabila Anda kebetulan ada di sana dan ingin pergi ke tempat keramat di Cirebon, silakan cek langsung ke lokasi berikut:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *