Gunung Bancak – Magetan, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Jika berada di dekat Gunung Lawu, Anda akan melihat sebuah perbukitan di sisi timur lereng gunung. Perbukitan itu disebut Gunung Bancak dan dikenal menyimpan hal-hal misterius. Meski tampak seperti bukit, masyarakat di sana selalu menyebut Gunung Bancak karena mereka percaya bahwa gunung ini berasal dari Gunung Lawu.

Konon menurut legenda, pada zaman Ramayana dulu, Prabu Rama memiliki abdi yang memiliki kesaktian mandraguna bernama Anoman. Pada suatu waktu, Anoman marah besar dan tak ada satu pun yang bisa mengendalikan amarahnya. Kemarahannya yang semakin menjadi-jadi membuat ia menendang puncak Gunung Lawu ke arah timur sehingga terbentuklah gunung kecil bernama Gunung Bancak.

Masyarakat di sekitar Gunung Bancak juga ada yang menjuluki gunung ini Gunung Emas atau Gunung Kencono karena jika dilihat pada waktu tertentu dari sisi timur, gunung ini tampak berkilau seperti emas. Yang menjadikan tempat ini sebagai salah satu tempat mistis adalah adanya banyaknya orang yang mencari pesugihan serta mengikuti petunjuk-petunjuk makhluk gaib di Gunung Bancak. Pencarian pesugihan ini bisa saja dilandasi dari keyakinan bahwa ada harta karun yang masih terpendam di gunung tersebut.

Tidak hanya itu, di Gunung Bancak ada tempat keramat yaitu makam Eyang Maduretno atau dikenal juga sebagai Makam Ratu / Sarean Ratu. Makam ini merupakan salah satu peninggalan zaman kerajaan Mataram. Jika Anda ingin mendatangi pemakaman tua, langsung saja ke sebelah selatan Gunung Bancak dan masuk melalui Desa Giripurno yang ada di Kecamatan Kawedanan, Magetan.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *