Gunung Galunggung – Tasikmalaya, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang berada sekitar 17 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dengan ketinggiannya yaitu 2.168 meter di atas laut (mdpl). Gunung berapi ini terakhir meletus pada tahun 1982 silam dan kondisinya saat ini sedang “tertidur pulas”. Sama seperti sebagian besar gunung di Indonesia, Gunung Galunggung pun memiliki kisah misteri tersendiri yang bisa membuat Anda merinding.

Gunung Galunggung ini bisa dibilang gunung keramat karena konon ada hubungannya dengan pertempuran antara Raja Galunggung dan Raja Galuh serta terkenal juga dalam sejarah Pasundan. Raja Galunggung yang kalah dan terluka, memilih berlari ke gunung yang ada di dekatnya dan menyumpahi bahwa ia akan melakukan balas dendam.

Meletusnya Gunung Galunggung sering dikaitkan dengan dendam yang dibawa oleh Raja Galunggung (masyarakat juga menyebut Mbah Galunggung). Untuk melindungi amarah dari Mbah Galunggung, masyarakat memasang “tameng” berupa bambu kuning serta daun hanjuang. Jadi, Anda jangan terkejut jika rumah-rumah yang ada di sana banyak dihiasi oleh daun hanjuang dan bambu kuning.

Gunung Galunggung mistis juga karena dari cerita yang beredar di sana, gunung ini seperti menyimpan sebuah pelet sehingga menyebabkan kerinduan tak terhingga bagi para pendaki yang pernah ke sana. Perasaan tersebut memang bisa dibilang tak lazim, namun sudah banyak pendaki yang merasakan demikian. Ada perasaan rindu ingin mendaki Gunung Galunggung kembali yang terasa begitu kuat.

Oleh sebab itulah, banyak orang mengingatkan pada pendaki yang ingin pergi ke sana untuk memikirkan ulang. Jika tidak ada niatan untuk kembali mendaki Gunung Galunggung, maka ada baiknya jangan ikut mendaki. Anda tentu tak ingin repot-repot kembali dari tempat yang jauh hanya karena perasaan rindu aneh dari gunung angker di Tasikmalaya ini, kan?

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *