Gunung Gede Pangrango – Bogor, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Gunung Gede Pangrango berada di komplek Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang ada di Bogor, Jawa Barat. Kawasan TNGGP dibanguna sekitar tahun 1980an dan terus ramai dikunjungi pendaki hingga sekarang ini. Gunung ini juga memiliki 2 puncak yaitu Gunung Gede dan yang satu merupakan puncak tertinggi di Jawa Barat, Gunung Pangrango.

Namun siapa sangka, dibalik kegagahannya, ternyata ada misteri Gunung Gede Pangraro yang tersimpan. Para pendaki yang melakukan pendakian, mengaku pernah mendengar suara derap kuda berlarian saat berada di perjalanan. Biasanya suara tersebut tiba-tiba akan terdengar jika pendaki mulai mendekat ke kawasan alun-alun Surya Kencana.

Konon suara derap kuda yang terdengar merupakan penanda bahwa Pangeran Surya Kencana beserta prajuritnya telah memasuki alun-alun Surya Kencana. Surya Kencana sendiri merupakan putra dari Pangeran Aria Wiratanudatar dengan seorang putri jin yang melahirkan 2 putra yaitu Prabu Siliwangi dan Prabu Sakti.

Jika diperhatikan, Anda akan melihat sebuah batu berukuran besar dengan bentuk menyerupai pelana. Batu yang tadi disebutkan barusan merupakan petilasan Pangeran Surya Kencana. Oleh karena itu, saat berada di Gunung Gede Pangrango, pendaki diminta untuk lebih menjaga sikap, perilaku, serta tutur kata untuk menghormati ‘penghuni’ di sana.

Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede Pangrango memang dikelilingi oleh hutan, namun jangan salah, di sana terdapat situs pemakaman kuno dengan Prabu Siliwangi yang berada di antaranya.

Banyaknya titik-titik tempat keramat di Gunung Gede Pangrango serta peninggalan barang-barang bersejarah, otomatis membuat pendaki semangat untuk melakukan pendakian sekaligus  memuaskan rasa penasaran. Jika Anda tertarik ke Gunung Gede Pangrango, langsung saja ke lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *