Gunung Geger – Bangkalan, Madura, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Sejatinya Gunung Geger bukanlah nama sebuah gunung, melainkan sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Kebiasaan orang Madura yang menyebut “bukit” menjadi “gunung” terasa sudah mendarah daging sehingga kita tak mungkin menyebut Bukit Geger sementara orang di sana lebih akrab dengan sebutan Gunung Geger.

Gunung Geger atau mungkin orang Madura menyebutnya “Ghunong Gheggger”, menyimpan cerita misteri dari masa lalu yang membuat Anda berpikir bahwa pantas jika tempat ini disebut sebagai tempat keramat di Madura.

Banyak orang yang sengaja datang ke Gunung Geger untuk melakukan tirakat atau semedi untuk mendapatkan apa yang mereka kehendaki. Tak tanggung-tanggung, mereka yang datang kebanyakan berasal dari luar pulau seperti Banyuwangi, Semarang, Bandung, Banten, Cirebon, dan bahkan negara tetangga kita, Malaysia. Mereka juga lebih memilih untuk menyepi di dalam goa-goa yang ada di Gunung Geger.

Perlu Anda ketahui, di Gunung Geger terdapat 4 goa yang sering dipilih oleh orang-orang untuk melakukan semedi. Keempat goa tersebut adalah Goa Pote, Goa Potre, Goa Pote, dan Goa Petapan. Saking keramatnya, mereka yang kerap semedi di sana mengaku pernah mendapatkan benda-benda pusaka maupun wangsit.

Seperti contohnya pernah ada seseorang yang melakukan tirakat di Goa Petapan selama 41 hari. Ia berasal dari Banten dan ketika pertapaannya hampir selesai, ia mengaku menerima sebuah “besi kuning”.  Lantas apa keistimewaan dari besi kuning tersebut? Masyarakat meyakini bahwa pertapa itu mendapatkan kelebihan kebal senjata tajam. Jadi, apabila ada yang berusaha membunuhnya menggunakan senjata tajam, ia akan kebal.

Goa lainnya yang terkenal di Gunung Geger adalah Goa Pelanangan. Di dalam goa tersebut, ada sebuah stalakmit berukuran panjang 1,5 meter dengan diameter 15 cm. Konon, jika Anda adalah lelaki lalu memanjat goa tersebut dan mengusap stalakmit, maka Anda akan memperoleh keperkasaan. Penasaran ingin ke tempat keramat di Bangkalan? Langsung saja ke lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *