Gunung Karang – Pandeglang, Banten

www.tempatangker.com – Gunung Karang merupakan nama sebuah gunung tertinggi di Banten yang terletak di Kabupaten Pandeglang. Gunung Karang termasuk dalam deretan gunung yang masih aktif di Indonesia dan bisa berpotensi meletus. Namun, warga setempat yang tinggal di daerah puncak Gunung Karang tampak tak terlalu memedulikan potensi gunung meletus yang sangat mungkin terjadi.

Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa Gunung Karang yang ada di Banten telah dikeramatkan oleh warganya. Hal tersebut tak lepas dari sejarah di masa lalu yang membuat gunung keramat itu begitu istimewa.

Apabila melihat perkampungan yang ada di sekitar puncak Gunung Karang, tepatnya di kampung Pasirangan, Anda mungkin akan bertanya-tanya mengapa kondisinya begitu rapat dan ada banyak gang-gang kecil. Keadaan ini tak lepas dari sejarah para nenek moyang mereka saat menentukan kampung ini layak untuk dihuni.

Konon, nenek moyang mereka menggunakan belalang yang dimasukkan ke dalam botol lalu dipendam ke beberapa titik di sekitar puncak gunung dan dibiarkan selama 1 malam. Keesokan harinya, dari beberapa titik tersebut ternyata belalang yang masih hidup di dalam botol hanya ada di 1 tempat saja. Tempat itu diyakini nantinya akan jauh dari musibah, bencana, maupun petaka dan kini tempat itu bernama kampung Pasirangan.

Tidak hanya itu, mengenai bencana yang bisa saja timbul dari gunung meletus ditampik oleh warga karena mereka yakin bahwa Gunung Karang telah dijaga ketat oleh para wali. Memang di kawasan puncak gunung terdapat beberapa pondok pesantren dan juga ada masjid tertua di Banten dan sumur keramat.

Masjid di sana bisa disebut juga sebagai masjid keramat karena meski terbuat dari kayu nangka, bangunan itu tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Selain menunaikan ibadah, banyak orang yang sengaja mendatangi masjid tua Gunung Karang untuk tirakat yang konon lebih cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Di sisi lain, sumur keramat yang ada di Gunung Karang adalah Sumur Tujuh yang konon memang berjumlah 7 di puncak sana. Sumur itu dipercaya mampu membuang aura negatif yang melekat pada diri seseorang. Ketenaran sumur tujuh dalam membuang aura negatif memang sudah terdengar sampai di luar Banten, jadi tak heran jika di sana Anda akan bertemu peziarah dari kota-kota besar lainnya.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *