Hotel Tugu- Malang, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Hotel Tugu merupakan salah satu hotel bintang lima di Indonesia yang berada di kota Malang. Banyaknya koleksi barang-barang antik yang berharga membuat hotel ini tak pernah sepi akan pengunjung domestik maupun turis dari berbagai negara. Tidak hanya itu, di dalam Hotel Tugu Anda juga akan disuguhkan lukisan-lukisan kuno yang menarik sekaligus misterius.

Salah satu lukisan yang paling fenomenal akan kemisteriusannya adalah lukisan Oei Hui Lan. Lukisan ini menggambarkan seorang wanita berpakaian putih dengan rambut panjang terurai menjuntai hingga betis yang berdiri membelakangi sebuah cermin dalam sapuan hitam putih.

Lukisan ini tampak begitu hidup dan seolah menatap tajam pada siapa pun yang memandang lukisan misterius itu. Menurut beberapa pengunjung lukisan itu ‘memang hidup’ karena kita akan merasa selalu diawasi olehnya saat berada di ruangan yang sama dengan lukisan tersebut. Bahkan, ada pengunjung yang mengaku pernah beberapa kali didatangi oleh sosok di dalam lukisan tersebut karena terlalu lama menatapnya saat di hotel.

Oei Hui Lan sendiri merupakan seorang wanita cantik keturunan Cina yang lahir di Semarang pada tahun 1889. Ia terlahir dari keluarga kaya raya dimana sang ayah, Oei Tiong Ham, merupakan ‘Raja Gula” terkaya di Indonesia dan Asia Tenggara pada masa itu. Kehidupan Oei Hui Lan yang serba berkecukupan membuat hidupnya terjebak dalam dunia glamour.

Kakaknya lalu berinisiatif menjodohkan adiknya dengan seorang duda keturuna Cina bernama Wellington Koo. Oei Hui Lan pun jatuh cinta pada pilihan kakaknya tersebut dan menilai bahwa calon suaminya adalah sosok yang sopan dan cerdas. Lalu mereka pun menikah pada tahun 1921 di kantor Kedutaan Belgia.

Kehidupan Oei Hui Lan yang serba mewah ternyata berbanding terbalik dengan kesederhanaan suaminya. Lalu pada tahun 1924, sang ayah mendadak meninggal dunia dan membagikan warisan pada anak-anaknya dengan cara tidak merata. Sejak itulah kehidupan keluarga Oei Hui Lan bermula hingga akhirnya ia meninggal pada tahun 1992.

Lukisan Oei Hui Lan di Hotel Tugu memang terkesan misterius sehingga membuat ruangan di sana terasa seperti tempat angker. Sangat dianjurkan agar Anda tak memandang lama-lama lukisan wanita cantik tersebut jika tak ingin ia datang ke mimpi Anda.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *