Hutan Kera Nepa – Sampang, Madura, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Hutan Kera Nepa merupakan nama sebuah hutan yang lokasinya ada di desa Bateoh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Di dalam hutan kecil ini, Anda dapat menemukan satwa dalam jumlah mencapai ribuan ekor dan semua masih terjaga dengan baik. Satwa yang paling sering ditemukan di sana adalah koloni kera.

Kera-kera tersebut memanglah koloni liar, namun tidak pernah ada laporan mengganggu manusia yang lewat di hutan tersebut. Uniknya, meski koloni kera berada di dalam hutan, Anda tidak akan mudah menemukannya saat berada di sana. Nah, pada saat kesulitan mencari kera, pengunjung bisa meminta bantu juru kunci Hutan Nepah untuk memanggil para kera.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kera-kera yang berada di sana akan mudah keluar dari persembunyian jika mendengar panggilan dari sang juru kunci. Menurut asal usul kera di Hutan Nepa, hutan ini dulunya adalah sebuah kerajaan kecil dengan pendirinya merupakan raja bernama Raden Segoro yang masih keturunan (cucu) dari Raja Giling Wesi.

Seorang raja memiliki pasti memiliki patih termasuk juga dalam kerajaan yang dipimpin oleh Raja Segoro tersebut. Sayangnya, seorang patih kepercayaan Raden Segoro ternyata memiliki perangai buruk. Ia kerap membangkang dan tak patuh pada perintah raja. Karena terus menerus melakukan kesalahan sama, Raden Segoro akhirnya mengutuk sang patih beserta beberapa prajuritnya menjadi koloni kera.

Cerita mengenai asal-usul Hutan Kera Nepa ini dapat Anda dengarkan langsung dari masyarakat yang tinggal di sekitar sana. Meski belum diketahui kebenaran pastinya, hutan ini memang terasa seperti hutan keramat. Apabila Anda ingin pergi ke tempat ini, langsung saja ke lokasi berikut:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *