Museum Wayang – Kota Tua, Jakarta

www.tempatangker.com – Museum Wayang yang terletak di kawasan Kota Tua adalah sebuah bangunan berlabel tempat angker di Jakarta yang menyimpan berbagai macam wayang. Baik yang berasal dari seluruh Indonesia maupun luar negeri. Berdiri pada 1640, bangunan yang dulunya adalah Gereja Oude Hollandsche Kerk ini kemudian beralih fungsi setelah diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Kebuadyaan Indonesia pada 1957.

Salah satu koleksi wayang angker yang terkenal paling mistis dari Museum Wayang adalah Si Gale Gale. Wayang ini berasal dari Sumatera. Wayang ini disebut angker karena konon dapat bergerak sendiri! Ada juga sebuah wayang yang berasal dari Cina, yang tidak kalah angker. Konon wayang tersebut tidak dapat dipindahkan. Petugas museum meyakini bahwa kedua wayang tersebut dan wayang lain yang ada disana memiliki nyawa.

Selain cerita mengenai wayang angker, ada cerita lain mengenai makhluk gaib Museum Wayang. Salah satunya adalah hantu wanita berjubah merah yang dipercaya sebagai penghuni sekaligus penjaga Museum Wayang. Hantu tersebut diyakini tidak akan mengganggu selama kita tidak memiliki niat jahat di museum tersebut. Ada juga hantu anak kecil yang disebut paling usil. Petugas ataupun pengunjung kerap jadi target keusilannya. Ada satu hantu wanita lain yang terlihat mengenakan baju khas Belanda yang kusam dan berwajah hancur penuh darah. Tidak lupa yang tak kalah terkenal adalah hantu Murjangkung. Hantu tanpa kepala ini diyakini sebagai manivestasi roh Jan Pieterzon Coen, salah satu Gubernur Jenderal Belanda yang konon meninggal karena dipancung masyarakat Betawi. Meski demikian, hal ini masih menjadi perdebatan yang belum dapat dipastikan.

Di tempat angker tersebut juga terdapat sebuah ruangan yang menyimpan koleksi gamelan. Mitosnya, kita tidak boleh sembarangan memainkan gamelan yang ada. Salah seorang pengunjung diceritakan jatuh sakit setelah memainkan gamelan keramat itu meski sebelumnya telah dilarang.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *