Toko Merah – Kota Tua, Jakarta

www.tempatangker.com – Pergi mengunjungi Kota Tua yang ada di Jakarta jangan lupa untuk mampir ke sebuah tempat yang dikenal dengan sebutan Toko Merah. Sesuai dengan namanya, bangunan tua yang satu ini memiliki ciri khas warna merah bata yang menyelimuti seluruh permukaan bangunannya. Hingga bagian pada bagian interiornya yang berhiaskan ukiran khas Tionghoa pun juga dihiasi dengan warna merah.

Menengok sekilas mengenai sejarahnya, bangunan tua Toko merah ini sudah ada sejak abad ke 17.  Tepatnya dibangun pada tahun 1730 yang lalu dan diperuntukkan sebagai kediaman ornag-orang penting di Kota Batavia. Pada tahun 1768 hingga 1808, Toko Merah digunakan sebagai hotel khusus para pejabat. Pada abad ke 19, Toko Merah menjadi kepemilikan pedagang Tionghoa.

Tampilan yang menarik dan khas yang dimiliki oleh Toko Merah menjadikannya sebagai salah satu tempat favorit untuk pecinta foto saat mereka berkunjung ke Kota Tua. Namun tahukah Anda jika Toko Tua ini ternyata merupakan salah satu tempat angker di Jakarta?

Toko Merah dikenal sebagai tempat angker di Jakarta karena dulunya tempat ini menjadi TKP sekaligus saksi bisu dari ribuan nyawa yang melayang. Kebayakan korban tersebut merupakan etnis Tionghoa. Nyawa mereka melayang setelah mengalami beribu penyiksaan dan pembantaian. Mayat mereka berserakan di depan gedung hingga darah yang mengalir membanjiri wilayah tersebut dengan warna merah membara.

Dengan latar belakang memilukan yang dimilikinya itu konon membuat Toko Merah dipenuhi dengan banyak fenomena gaib. Suara tangis wanita yang tidak jelas sumbernya hingga suara derap langkah kaki para prajurit disebut kerap terdengar dari dalam bangunan yang terdiri dari tiga lantai tersebut. Bahkan restorasi yang dilakukan pada tahun 2012 lalu tak mampu menghilangkan kesan sebagai bangunan angker yang telah lekat pada tempat ini. Masih berminat untuk berfoto disini?

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *