Jembatan Ancol – Jakarta Utara, DKI Jakarta

www.tempatangker.com – Siapa yang tak familiar dengan kisah misteri Si Manis Jembatan Ancol? Cerita mengenai hantu wanita yang diperankan Kiki Fatmala tersebut begitu booming di layar kaca sekitar tahun 1994 – 1996 silam. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah kisah tentang Si Manis Jembatan Ancol benar ada ataukah hanya sekedar skenario saja?

Ternyata Si Manis Jembatan Ancol memang diambil dari kisah nyata yang sumber ceritanya dihimpun dari kesaksian warga setempat. Jembatan Ancol disebut sebagai tempat angker di Jakarta karena banyaknya kejadian-kejadian janggal yang sering dialami oleh masyarakat di sana seperti munculnya hantu wanita cantik di hadapan mereka.

Dikisahkan bahwa pada abad ke-19 lalu ada seorang kaya raya yang tertarik pada seorang gadis cantik bernama Siti Ariah (ada juga versi lain yang menyebut Mariyam). Pria itu terkenal suka “mengoleksi” gadis cantik, jadi ia memerintahkan anak buahnya untuk menangkap dan membawa Ariah.

Tentu saja Ariah menolak dan melakukan perlawanan saat anak buah pria itu berusaha membawa dirinya. Sampai akhirnya ia tewas karena begitu kerasnya ia menolak dibawa paksa. Mengetahui kondisi Ariah yang sudah tewas, anak buah pria itu membuang mayatnya ke daerah persawahan yang letaknya tak jauh dari Jembatan Angker. Konon karena kisah itulah jembatan tersebut menjadi jembatan angker.

Pada saat proses syuting Si Manis Jembatan Ancol, para kru yang terlibat mengaku pernah mengalami kejadian aneh seperti TV monitor yang tiba-tiba raib dan 2 hari kemudian ditemukan menggantung di atas pohon. Beberapa dari kru juga pernah merasa pernah diawasi oleh seseorang padahal ketika dilihat tidak ada siapa-siapa di sana. Jadi, ketika proses syuting berlangsung, menemukan kejanggalan seolah menjadi hal yang “wajar” saat berada di Jembatan Ancol.

 

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *