Jolong – Pati, Jawa Tengah

Jolong - www.tempatangker.com

Jolong – www.tempatangker.com

Tempatangker.com – Desa Jolong kecamatan Gembong meyimpan seribu pesona keindahan alam yang memukau. Pasalnya, Gembong berada di lereng pegunungan Muria sehingga wajar jika daerah ini dijumpai banyak objek wisata.Salah satu tempat wisata di Desa Jolong adalah kebun kopi yang saat ini dijadikan wahana bumi perkemahan (buper), agrowisata, termasuk outbond dan wisata air terjun Grenjengan. Suasana di sini betul-betul asri, sejuk, dan bebas polusi. Masih sangat organik dan serba alam. Sayangnya, saat ini jalan menuju obyek wisata ini sangat memprihatinkan dan tidak terawat sehingga cukup berbahaya untuk dilewati mobil. Tapi jangan khawatir karena buruknya jalan menuju letak lokasi tempat wisata ini hanya sementara. Ke depan pasti sudah diperbaiki.

Perkebunan Kopi yang saat ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nasional IX ternyata merupakan kawasan perkebunan kopi yang dibangun pada masa kolonial Belanda di Indonesia. Peninggalan pemerintahan kolonial Belanda pada jaman penjajahan tersebut saat ini masih dikelola dan tetap dilestarikan sebagai kekayaan nasional dalam bidang pertanian dan perkebunan. Kawasan ini menjadi sentra penghasil kopi di Kabupaten Pati sekaligus sebagai tempat pengolahan hasil perkebunan kopi. Pabrik pengolahan kopi sendiri memiliki alat-alat pengolahan yang mayoritas sudah berumur, karena keberadaan pabrik ini merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda berikut dengan mesin-mesin produksinya. Mesin-mesin yang berada di dalam pabrik ini masih beroprasi dengan baik dan dipakai oleh PT. Perkebunan Nasional IX untuk mengolah hasil perkebunan kopi yang berada didekatnya.

Perkebunan kopi ini berada pada ketinggian 570-790 meter DPL dengan suhu yang relatif rendah, yaitu 25 – 32 derajat Celcius. Luas keseluruhan dari kawasan perkebunan ini kurang lebih 527 Ha yang terdiri dari Perkebunan Kopi, Pabrik Pengolahan Kopi, dan Bumi Perkemahan. Kawasan ini berada di desa Jolong Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Dari pusat kota Pati kurang lebih berjarak 20 KM. Kawasan ini dibuka sebagai objek wisata kebun kopi dan pengunjung dapat menyaksikan proses pemanenan kopi dan pengolahan kopi di dalam pabrik tersebut.

Tempat tersebut juga dikenal sangat angker karena merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Tempat tersebut juga pernah menjadi salah satu tempat yang dikunjungi acara televisi Mister Tukul Jalan-Jalan. (ara/rah)

Lokasi :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *