Alam Roh – Banjar, Kalimantan Selatan

www.tempatangker.com – Saat pergi ke Kalimantan Selatan, sempatkan sedikit waktu Anda untuk mengunjungi sebuah lokasi yang bernama Alam Roh. Sebuah tanah atau desa keramat yang ada di wilayah Kalimantan Selatan. Tepatnya di Desa Pakualam, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Meski menjadi bagian dari Desa Pakualam, Alam Roh sendiri konon dibangun pada 6 Juni 1949. Masa dimana bangsa Belanda masih memiliki keinginan untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Desa keramat di Kalimantan Selatan ini terletak beberapa ratus meter dari area pemukiman warga Desa Pakualam. Di lokasi yang terpencil, dimana kondisi lingkungan sekitarnya masih ditumbuhi oleh hutan yang lebat serta semak belukar.

Alam Roh ini merupakan tanah waqaf yang diberikan oleh seorang penduduk desa kepada para pejuang rakyat Kalimantan Selatan. Tanah keramat itu digunakan oleh para pejuang sebagai markas untuk berlatih serta menyusun strategi perang melawan Belanda.

Konon segala penjuru tanah Alam Roh telah ditanamkan jampi-jampi yang didapat dari Tuan Guru H. Ilmi. Beliau berasal dari Keraton Dalam Pagar Martapura, sekaligus keturunan keempat Syech Muhammad Arsyad Al Banjari atau lebih dikenal sebagai Datu Kalampayan. Khasiat jampi-jampi tersebut konon dapat menipu mata bangsa Belanda serta kaum pribumi yang menjadi pengkhianat untuk Belanda. Selain membuat para pejuang yang berada di dalamnya menjadi tak terlihat mata, semua musuh yang masuk ke kawasan desa kemarat tersebut tidak akan mampu keluar dalam keadaan hidup!

Meski tidak seliar dulu, tempat angker dimana lokasi Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan serta museum mini pejuang Kalimantan Selatan itu berada konon tetap memiliki aura mistis yang kental. Banyak kejadian mistis serta makhluk halus disebut menghuni Alam Roh.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *