Kilang Minyak Petamina – Balikpapan, Kalimantan Timur

www.tempatangker.com – Pertamina adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara yang memiliki tugas untuk mengelola penambangan minyak dan gas bumi yang ada di Indonesia. Perusahaan Pertamina memiliki kantor pusat yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta. Namun demikian pada beberapa daerah tertentu tersebar Unit Pengolahan, salah satunya Unit Pengolahan V di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bagi pecinta tempat angker, Anda pasti pernah mendengar nama Kilang Minyak Pertamina Balikpapan sebagai salah satu lokasi yang dikenal angker. Apalagi dengan beredarnya video penampakan hantu yang tertangkap cctv di kawasan ini.

Menurut sejarahnya, di lokasi yang sekarang menjadi tempat berdirinya kilang minyak angker itu dulunya adalah sebuah pemukiman warga. Konon disana terjadi banyak pembantaian pada masa penjajahan dengan tujuan memperebutkan kekuasaan lokasi tersebut. Dalam peristiwa tersebut tentunya tidak perlu ditanyakan lagi seberapa banyak korban yang berguguran. Apalagi pada jaman penjajahan Jepang disebutkan bahwa hukuman pancung menggunakan samurai banyak diterapkan.

Kilang Minyak Pertamina Balikpapan pun dilabeli sebagai tempat angker di Kalimantan. Dimana banyak fenomena penampakan makhluk gaib dilaporkan terjadi di kawasan ini. Seperti penampakan sosok tanpa kepala atau hantu wanita berbaju putih yang terlihat turun dari atas kilang.

Ada pula yang mengaku pernah dicegat oleh petugas keamanan Pertamina saat melewati kawasan jalan angker di daerah kilang pada dini hari. Dengan alasan memberi kesempatan pada penyeberang jalan, pengendara pun berhenti. Namun betapa kagetnya saat memastikan kondisi di luar ternyata tak ada siapa pun. Bahkan sang petugas pun tiba-tiba lenyap dari pandangan.

Cerita seram lainnya menyebutkan penampakan sosok berseragam Pertamina tertangkap foto petugas kala memotret penduduk sekitar yang mencoba membuang sampah sembarangan sebagai bukti. Dalam foto, terlihat penampakan tanpa kepala berdiri di belakang penduduk! Untuk menghindari kemungkinan buruk, pihak kilang senantiasa mengadakan selamatan di tempat angker tersebut tiap menjelang Turn Around (TA) atau pemeliharaan dilakukan.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *