Padang 12 – Ketapang, Kalimantan Barat

www.tempatangker.com – Pernahkah Anda mendengar nama Padang 12? Padang 12 adalah nama sebuah tempat di Ketapang, Kalimantan Barat. Tempat itu dipercaya oleh penduduk sekitar sebagai sebuah kerajaan gaib.

Kerajaan gaib Padang 12 ini konon tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menyaksikannya. Sekalipun pernah kesana, tidak ada yang menjamin bahwa dilain waktu akan dapat kesana lagi.

Menurut kepercayaan warga Ketapang, kerajaan gaib di Kalimantan Barat itu memiliki bentuk menyerupai sebuah kota dengan lingkungan yang super bersih dan indah. Didalamnya pun dipenuhi dengan bermacam kemegahan. Bagi manusia biasa, kawasan Padang 12 ini layaknya hanya berupa daratan menyerupai gurun kosong berukuran 12 kilometer yang ditumbuhi rerumputan serta pepohonan.

Adapun penghuni Padang 12 disebut Orang Limun. Nama ini memiliki arti “orang kebenaran”. Beberapa asumsi yang dipercaya ada yang menyebutkan jika Orang limun adalah keturunan malaikat Harut dan Marut. Ada juga yang menyebutkan jika Orang Limun adalah orang-orang suci yang taat beribadah. Namun tak sedikit pula yang percaya bahwa Orang Limun sesungguhnya merupakan bangsa jin. Jin muslim yang telah tinggal ribuan tahun lamanya dikawasan Padang 12 tersebut.

Mengenai rupa, masyarakat meyakini bahwa Orang Limun nampak seperti manusia dan hidupnya pun seperti pada umumnya. Bedanya, secara fisiologis Orang Limun tidak memiliki filtrum. Sama halnya dengan Padang 12, hanya orang tertentu yang dapat melihatnya kecuali mereka dengan sengaja menampakkan diri.

Mitos Padang 12 menyebutkan bahwa Orang Limun menggunakan kunyit sebagai pengganti uang. Bagi mereka yang berhati tulus atau suci, kunyit yang mereka terima akan berubah jadi bongkahan emas. Satu lagi mitos Padang 12 menyebutkan, siapapun yang pernah kesana dan menceritakan pengalamannya, esoknya akan lupa tentang pengalaman tersebut.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *