Kampung Bukanagara – Subang, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Kampung Bukanagara merupakan salah satu nama kampung yang masuk dalam Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak, Subang. Untuk menempuh perjalanan menuju ke kampung Bukanagara, Anda perlu waktu 2 sampai 3 jam dari kota Subang dan medan yang dilalui tidaklah semulus aspal sehingga perlu kesabaran.

Bagi masyarakat Subang, Kampung Bukanagara masuk dalam daftar tempat angker di Subang karena memang ada sisi misterius seperti keberadaan sebuah tempat keramat berupa makam di situ Cipabeasan. Makam itu adalah makam Eyang Mangkunegara dimana menurut juru kunci beliau adalah salah satu penyebar Islam.

Banyak orang dengan beragam tujuan seperti ingin cepat kaya, terlibat hutang, meminta berkah, atau pun ingin naik jabatan/pangkat datang ke situ Cipabeasan. Pengunjung yang ke tempat ini tak hanya dari Subang melainkan juga luar kota seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Kampung Bukanagara juga biasanya ramai pengunjung pada 14 Maulud untuk melakukan ritual demi terkabulnya permohonan mereka. Ritual ini biasanya dimulai dengan pagelaran jaipongan lalu setelahnya pengunjung diminta semakin mendekat ke situ Cipabeasan untuk melakukan ritual mandi. Air di situ Cipabeasan bisa berubah menjadi seputih air beras dan pada saat berubah itulah masyarakat percaya air tersebut dapat mengabulkan permohonan.

Di tempat keramat ini juga, ada beberapa pengunjung yang memilih bersemedi pada tanggal 14 Maulud dan bermalam di sana. Mereka percaya bahwa jika terlihat penampakan ikan mas setelah menjalani ritual mandi lalu bersemedi semalaman di dekat makam keramat, maka keinginan mereka akan tercapai. Jadi, jika Anda ingin melakukan ritual khusus ketika di kampung Bukanagara, silakan langsung ke lokasi di bawah ini dan agar lebih akurat mengenai prosesi ritual, Anda bisa menanyakan juru kunci di sana.

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *