Kandang Menjangan – Yogyakarta

www.tempatangker.com – Kandang Menjangan atau ada juga yang menyebutnya Panggung Krapyak merupakah salah satu bangunan tua yang berusia lebih dari 200 tahun dan masih berdiri kokoh hingga sekarang ini. Kandang Menjangan ini dulunya berada di dalam hutan dan digunakan sebagai tempat perlindungan dari hewan buas oleh kerabat keraton saat sedang berburu.

Tapi tahukah Anda bahwa Kandang Menjangan dibangun untuk memperingati salah satu kerabat keraton yang meninggal karena diseruduk seekor menjangan (kijang)? Oleh karena itulah, Panggung Krapyak ini dibangun dan digunakan sebagai bangunan pelindung seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Letak Kandang Menjangan ini juga satu garis lurus dengan Tugu Jogja, Keraton, Pantai Selatan, dan Gunung Merapi. Menurut informasi yang kami peroleh, bangunan tua ini pernah direnovasi sekali lalu ditambahkan pagar pintu serta jeruji besi sehingga bagi masyarakat di sana, bangunan ini semakin terasa keangkerannya.

Tidak hanya itu, baik masyarakat setempat maupun wisatawan memiliki akses terbatas saat berada di tempat angker ini. Anda diwajibkan untuk memanggil juru kunci terlebih dahulu sebelum memasuki Panggung Krapyak dan itu artinya siapapun dilarang memasuki bangunan seenaknya.

Cerita mistis yang pernah dialami oleh seorang warga di sana yaitu pada saat malam hari ia melewati area Kandang Menjangan. Entah iseng atau sengaja, ia menyorotkan lampu motor dari jarak beberapa ratus meter ke arah jendela dan juga pintu bangunan. Betapa terkejutnya ia karena tiba-tiba dalam bangunan tersebut terlihat sosok wanita berpakaian putih tergantung di balik jeruji tersebut. Ia pun ketakutan dan segera pergi menjauh dari Panggung Krapyak.

Jadi, jika Anda pergi ke Yogyakarta dan ingin pergi ke Kandang Menjangan, ada baiknya melakukan kunjungan di hari yang terang. Dan sekali lagi, saat Anda berada di sana, jaga perilaku dan tutur kata Anda agar tidak mengalami kejadian-kejadian yang tak diinginkan.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *