Makam Dempul – Kediri

www.tempatangker.com – Di kota Kediri terdapat sebuah pesantren yang terkenal bernama Pondok Pesantren Lirboyo. Nah, di sebelah utara pondok pesantren tersebut terdapat sebuah makam keramat yang cukup terkenal pula. Nama makam tersebut adalah Makam Dempul.

Makam Dempul ini konon sebuah lahan yang memang disediakan oleh pendiri Pondok Pesantren Lirboyo. Tidak hanya dikhususkan untuk Mr.X atau jenazah-jenazah yang tidak dikenal identitasnya saja, makam ini konon juga diperuntukkan untuk mengubur makhluk halus!

Makam Dempul  yang menjadi nama area pemakaman ini disebut berasal dari kata dengkul atau lutut. Hal tersebut merujuk pada ukuran kedalaman galian tanah kuburan ypada setiap makam yang ada, dimana dibuat sangat dangkal.

Meski menjadi satu wilayah dengan Pondok Pesantren Lirboyo, uniknya tidak ada seorang siswa pesantren pun yang diperbolehkan memasuki kawasan tempat keramat ini. Hal tersebut dipengaruhi oleh mitos yang ada. Mitos Makam Dempul menyebutkan masuknya siswa pesantren atau santri ke dalam kawasan makam akan membuka peluang keluarnya makhluk gaib jahat atau dedemit yang dikuburkan disana!

Sebagai salah satu tempat angker di Kediri, hal itu disebut membuat warga sekitar menjadi lebih berhati-hati ketika hendak melintasi kawasan tersebut. Jalan Penanggungan yang tidak jauh dari kawasan makam disebut sebagai lokasi kecelakaan yang paling sering terjadi. Bahkan konon pengendara yang melintasi kawasan itu tak jarang dimintai tumpangan oleh makhluk gaib yang tak jelas wujudnya!

Berbagai fenomena aneh yang terjadi di kawasan tempat keramat itu diyakini ulah makhluk halus yang dikubur di Makam Dempul Kediri. Selain itu, prosesi pemakaman jenazah tanpa identitas yang tidak sesuai dengan ketentuan umumnya pun diyakini menjadi salah satu alasan yang turut berperan. Dimana roh jenazah yang dikuburkan tersebut merasa tidak tenang sehingga mereka pun bergentayangan.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *