Kerajaan Ratu Boko – Yogyakarta

www.tempatangker.com – Berjarak kurang lebih 3 kilometer di sebelah selatan kompleks Candi Prambanan, terdapat sebuah situs sejarah yang tidak kalah terkenal bernama Situs Ratu Baka. Dikenal juga dengan sebutan Candi Boko, kompleks candi yang memiliki luas sekitar 25 hektar ini ternyata memiliki sejumlah cerita yang menjadikannya sebagai tempat keramat di Yogyakarta.

Terletak di sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 196 meter diatas permukaan laut, tempat keramat ini memiliki dua mitos yang cukup terkenal. Mitos pertama menyebutkan barang siapa pun yang mengunjungi tempat ini dengan pacarnya. Kebanyakan dari mereka akan mengalami putus. Mitos kedua menyebutkan pengunjung wanita yang datang sendirian ke tempat ini akan telat menikah.

Selain dua mitos Candi Boko tersebut, terdapat sebuah cerita lainnya. Cerita ini mampu membuat siapa pun yang mendengarnya berpikir bahwa Kerajaan Ratu Baka ini termasuk tempat angker.

Saat maghrib mulai menjelang, petugas keamanan yang berjaga di kawasan tersebut dengan semangat akan “mengusir” setiap pengunjung yang ada. Hal tersebut dilakukan dengan alasan terkadang ada pengunjung yang mengalami kesurupan ketika mereka nekat tinggal atau berkeliaran di kawasan tersebut saat maghrib. Maklum saja, konon disini terapat kerajaan gaib yang dijaga oleh bangsa jin. Adapun bangsa jin yang menunggu tempat angker ini dipercaya bertugas menjaga kawasan situs dari tangan-tangan jahil.

Tidak hanya bangsa jin, petugas keamanan juga menceritakan jika salah satu tempat angker di Yogyakarta ini terdapat makhluk gaib lainnya. Beberapa diantaranya muncul dalam wujud binatang atau juga sesosok berjubah. Bahkan di bagian gapura pun dipercaya terdapat makhluk gaib berupa macan putih yang menjaganya. Sementara itu terdapat pengakuan pengunjung yang mengatakan bahwa dirinya pernah melihat sesosok aneh ikut menari dalam sebuah pagelaran yang pernah diadakan disana.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *