Keramat Cijengkol – Bekasi, Jawa Barat

www.tempatangker.com – Bermain ke daerah Setu, mungkin akan sedikit menantang jika Anda bisa mampir ke salah satu tempat keramat di Bekasi yang bernama Keramat Cijengkol yang ada di Desa Cijengkol. Bangunan ini sekilas memang seperti rumah kuno, sehingga tidak heran jika disebut sebagai situs bersejarah oleh masyarakat setempat.

Apabila menilik sejarah yang diberitakan oleh warga di sana, Keramat Cijengkol dulunya menjadi tempat persinggahan seorang pengembara muda yang konon keturunan wali. Ia biasa singgah di sebuah sumur (kini berada tepat di sebelah Keramat Cijengkol) dan memilih wilayah tersebut untuk menyebarkan agama Islam pada masyarakat yang pada saat itu sama sekali tidak memeluk agama apapun.

Pendekatan demi pendekatan dilakukan oleh sang pemuda hingga akhirnya penduduk di sana mau memeluk dan belajar tentang Islam. Sebagai bentuk penghormatan pada si pengembara, penduduk mendirikan rumah di dekat sumur yang sekarang dikenal sebagai Keramat Cijengkol.

Tempat ini dikeramatkan oleh masyarakat setempat karena diyakini dapat memberikan petunjuk bagi mereka yang mengharapkannya. Biasanya, pejabat-pejabat yang ingin naik jabatan akan rela datang jauh-jauh ke Keramat Cijengkol untuk memperoleh petunjuk. Pejabat-pejabat ini biasanya merasa akan lebih siap menghadapi persaingan di dunia politik setelah datang atau bahkan bermalam di sana.

Meski dibilang keramat, ada warga yang juga berkata bahwa Keramat Cijengkol merupakan tempat angker karena pernah ada yang melihat sosok wanita bergaun putih di sana. Namun gosip Keramat Cijengkol angker, tidaklah terlalu kuat. Masyarakat lebih yakin bahwa tempat tersebut bisa membawa keberkahan.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *