Keraton Surakarta – Solo, Jawa Tengah

www.tempatangker.com – Keraton Surakarta atau ada juga yang menyebutnya keraton Solo merupakan tempat yang tak pernah sepi pengunjung. Banyak para pengunjung yang masih penasaran dengan apa yang ada di dalam bangunan tua ini. Di waktu-waktu tertentu, Keraton Surakarta bisa sangat ramai pengunjung seperti contohnya pada tanggal 1 Syura.

Pada tanggal itu, masyarakat memang sengaja datang memenuhi Keraton Surakarta demi melihat kebo bule yang lekat dengan kesan misterius. Berbeda dengan kerbau pada umumnya, kerbau di keraton berwarna putih sehingga dijuluki kebo bule. Kebo bule begitu diperlakukan istimewa oleh abdi keraton dan masyarakat Solo. Panggilan kehormatan bagi kerbau ini adalah Kyai Slmaet / Kebo Slamet.

Di tempat keramat seperti Keraton Solo, tentu saja kerbau ini bukanlah sekedar kerbau biasa. Kebo Slamet bagi mereka merupakan kerbau yang memiliki kesakitian. Hal ini disebabkan karena pernah ada kebakaran besar di aera Keraton Surakarta dan hampir semua bangunan terbakar kecuali kandang tempat kebo bule. Setelah diperiksa ternyata ada 4 ekor kebo bule dan sebuah tombak. Kebo bule pun dikeluarkan lalu diajak berkeliling, tanpa diduga api yang membakar bangunan seketika padam dengan hanya menyisakan asap. Sejak itulah kebo bule disebut sebagai Kyai Slamet.

Tidak hanya kebo bule saja, objek menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah kereta kencana. Namun, sebelum Anda memotret kereta, ada baiknya memanggil abdi dalem Keraton  Surakarta terlebih dahulu. Ketika izin pada abdi dalem, maka mereka akan berdoa terlebih dahulu di depan kereta kencana agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena terhitung bangunan tua, Keraton Surakarta tentu saja menyimpan banyak sisi misterius. Ada beberapa pengunjung yang mengaku pernah mendengar suara-suara makhluk halus saat berada di tempat wingit itu. Pengunjung juga sering diperingatkan agar menjaga tutur kata maupun perilaku selama berada di Keraton Solo.

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *