Klampis Ireng – Ponorogo, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Ponorogo merupakan nama sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki kesenian terkenal se-Indonesia, Reog Ponorogo. Di salah satu sudut kota Ponorogo, terdapat sebuah lokasi yang diyakini sebagai tempat angker oleh warga setempat. Lokasi itu adalah Klampis Ireng yang ada di desa Sragi. Siapa pun yang mendengar nama Klampis Ireng, pasti akan bergidik ngeri karena begitu wingitnya tempat itu.

Lokasi tempat keramat ini berada di tengah-tengah sawah dengan dikelilingi pepohonan besar sehingga nuansa angker akan langsung menyergap ketika kita mendatanginya. Di sana Anda akan melihat sebuah bangunan datar yang berbentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya.

Juru kunci yang ada di Klampis Ireng menjelaskan bahwa dulunya wilayah desa ini merupakan miliki kerajaan Kyai Semar yang merupakan salah satu Punakawan. Jadi tidak heran, meski Anda sudah meninggalkan Klampis Ireng, nuansa mistis akan tetap terasa.

Dulunya kerajaan Kyai Semar begitu kaya dengan harta emas dan harta lainnya. Kyai Semar juga merupakan sosok yang baik hati, jadi pada siapa yang ia kehendaki maka ia akan mengabulkan permintaannya. Kebaikan hatinya ini terus dikenang sampai saat ini sehingga ada banyak orang yang sering datang ke Klampis Ireng hanya untuk memanjatkan permohonannya.

Agar permohonan terkabul, pengunjung diwajibkan membawa 9 macam barang seperti kembang telon, candu, kemenyan, rokok, dan sebagainya. Pantangan lainnya bagi pengunjung Klampis Ireng juga ada yaitu larangan mengenakan pakaian berwarna hijau dan dilarang datang pada Jumat Wage. Jadi, bagi Anda yang ingin pergi ke sana, hindari apa yang sudah menjadi larangan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *