Gua Matu – Lampung Barat

www.tempatangker.com – Di pesisir pantai yang terdapat di wilayah Lampung Barat terdapat sebuah tempat angker bernama Gua Matu. Penduduk sekitar pesisir menganggap Gua Matu ini sebagai tempat keramat karena konon memiliki hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Salah satu tempat angker di Lampung Barat ini konon merupakan gua keramat yang menjadi tempat persemayaman sang ratu Nyi Roro Kidul.

Tidak hanya itu, Gua Matu keramat ini disebutkan pula sebagai tempat berkumpulnya para makhluk gaib. Menurut informasi yang ada, terdapat satu jin penguasa yang bertempat di dalam gua. Jin penguasa tersebut diyakini warga membantu wilayah tanah Krui terbebas dari serangan bangsa Belanda. Hal tersebut kemudian melahirkan kepercayaan bahwa siapa saja yang memiliki niat jelek saat berada di dalam gua ini akan mendapat pelajaran dari penghuni Gua Matu. Secara tiba-tiba mereka akan berteriak, seakan kesakitan.

Meski dianggap sebagai tempat keramat, namun hal tersebut tidak mencegah orang-orang untuk mengunjungi Gua Matu yang berlokasi di Pantai Pekon Waysindi Hanuan, Lampung Barat. Namun siapa saja yang berniat untuk mengunjunginya harus bersiap dengan jalur treking yang lumayan menguras tenaga. Untuk mencapainya, terlebih dahulu Anda harus menuruni lereng bukit yang curam serta melewati sungai. Baru setelahnya Anda akan dapat menemukan gua ini di bagian ujung sungai. Tidak berhenti disitu, Anda setidaknya masih harus mencari mulut gua yang sering kali tertutup oleh rerimbunan daun tanaman liar.

Sesampainya disana, Anda akan disambut dengan bermacam benda yang seringkali ditemuai dalam sebuah ritual. Hal tersebut dikarenakan ada banyak orang yang menjadikan gua angker ini sebagai tempat untuk melakukan ritual atau penyembahan. Satu lagi kepercayaan akan Gua Matu menyebutkan, ada banyak bujang atau gadis yang ditelan ombak ganas. Mereka yang hilang tersebut konon tidak perlu dicari lagi karena dianggap telah menjadi golongan warga Gua Matu.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *