Gunung Semeru – Lumajang, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Sebuah film Indonesia di tahun 2012 lalu telah membawa nama Gunung Semeru menuju titik ketenarannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Namun siapa sangka dibalik ketenarannya itu Gunung Semeru adalah salah satu dari banyak tempat angker di Lumajang lho.

Mahameru yang merupakan puncak Gunung Semeru dianggap sebagai tempat angker di Gunung Semeru. Tempat berkumpulnya banyak makhluk gaib, terutama bangsa jin. Bagi mereka yang memiliki kemampuan mata batin, konon di Mahameru akan terlihat keramaian yang dipenuhi oleh makhluk gaib.

Kemudian, ada Arcopodo yang menjadi titik peristirahatan terakhir sebelum Mahameru. Nama tempat ini memiliki arti dua arca yang (berukuran) sama. Arcopodo dipercaya sebagai patung prajurit Kerajaan Majapahit. Tidak sembarang orang dapat melihatnya. Namun bagi yang mampu, konon patung gaib tersebut muncul dalam ukuran berbeda. Mulai dari ukuran kecil, ukuran setinggi manusia umumnya, hingga ukuran raksasa!

Lalu kawasan Kelik yang memajang banyak batu nisan peringatan korban meninggal di Gunung Semeru. Termasuk nisan tokoh aktivis Indonesia ternama, Soe Hok Gie bersama rekan yang meninggal tahun 1969. Konon banyak pendaki yang kesurupan disini.

Danau Ranu Kumbolo yang indah, sekaligus danau keramat yang terkenal di kaki Gunung Semeru. Konon terdapat dewi penunggu danau yang muncul kala bulan purnama. Ikan mas yang hidup di danau pun dipercaya sebagai jelamaan sang dewi, dimana tak semua orang mampu melihatnya. Hal itu memunculkan mitos larangan memancing ikan mas di Ranu Kumbolo atau akan tertimpa musibah.

Satu lagi, mengenai mitos Gunung Semeru yang menjadi kepercayaan sekaligus pegangan masyarakat. Konon cuaca cerah Gunung Semeru yang tiba-tiba berubah menjadi hujan atau mendung menandakan adanya pendaki yang menjadi korban. Percaya, tak percaya, Anda yang menentukannya.

LOKASI :

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *