Makam Bujuk Sorah – Probolinggo, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Makam Bujuk Sorah merupakan salah satu makam tua yang ada Probolinggo tepatnya di Kelurahan Triwung Kidul, Kecamatan Kademangan. Warga yang tinggal di dekat area makam mengaku tidak terlalu tahu banyak tentang asal-usul Bujuk Sorah, namun mereka yakin bahwa sosok tersebut adalah salah satu pejuang berkemampuan khusus (sakti) yang pernah ada di sana.

Salah satu bukti bahwa Bujuk Sorah bukanlah sekedar manusia biasa adalah Anda bisa melihat dari makamnya yang tidak biasa. Jika pada umumnya, makam menghadap ke arah utara  dan selatan maka tidak dengan makam Bujuk Sorah. Makam tersebut menghadap ke arah timur dan barat, jadi Anda bisa bayangkan bagaimana posisi yang tergolong tak lazim tersebut.

Warga setempat mengaku bahwa makam ini pernah dibongkar dan hadapkan seperti makam pada umumnya. Namun entah bagaimana ceritanya makam ini kembali menghadap ke arah timur dan barat. Semenjak saat itu, warga setempat menyebut makam Bujuk Sorah sebagai tempat keramat.

Keberadaan makam ini pun diketahui tidak hanya di Probolinggo saja, melainkan sampai ke luar kota. Saat Jumat legi, banyak pengunjung dari luar kota seperti Situbondo, Lumajang, dan Banyuwangi yang sengaja datang untuk melakukan ritual-ritual dengan mengharap berkah dari makam Bujuk Sorah. Jadi, jangan heran jika saat Anda berkunjung ke sana banyak orang yang melakukan tirakat di sekitar makam.

Apabila Anda mencari makam Bujuk Sorah di Probolinggo, pastikan terlebih dahulu bahwa letaknya ada di Triwung Kidul karena ada 2 makam bernama Bujuk Sorah yang satunya terletak di Kademangan. Hal ini dikarenakan dulunya Kiai Bronto Joyo (pejuang sakti) memiliki 2 orang murid yang sama-sama bernama Bujuk Sorah. Hanya saja yang membedakan posisi makam yang satu normal dan yang satu tak lazim.

 

Lokasi:

 

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *