Makam Mbah Dowo – Banyuwangi, Jawa Timur

www.tempatangker.com – Jika pada umumnya ukuran sebuah makam di Indonesia memiliki panjang 2 meter atau menyesuaikan tinggi jenazah, maka tidak dengan Makam Mbah Dowo yang ada di Banyuwangi. Makam ini memiliki panjang yang tidak biasa yaitu 7 meter! Bisa Anda bayangkan bagaimana panjangnya Makam Dowo ini, ya?

Menurut juru kunci dari makam keramat, nama asli Mbah Dowo adalah Eyang Suryo Bujo Negoro dan tidak ada sejarah tertulis yang menjelaskan dengan pasti apa atau siapa yang ada dibalik Makam Mbah Dowo. Namun menurut sumber yang ia dapatkan dari orang-orang terpercaya, Makam Mbah Dowo memang bukanlah makam biasa karena di dalamnya juga ada peninggalan pusaka milik leluhur.

Nah, untuk mengetahui isi dari Makam Mbah Dowo, beberapa masyarakat yang “berilmu” sengaja datang ke sana dan melakukan meditasi agar dapat berhubungan langsung dengan leluhur Mbah Dowo. Hasil dari meditasi pun berbeda-beda setiap orangnya, ada yang berkata bahwa di dalam makam berisi benda pusaka tapi ada juga yang menyebut bahwa di dalamnya berisi manusia.

Apabila ingin berziarah ke tempat keramat di Banyuwangi itu, langsung saja datang ke Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional Alas Purwo Wilayah I (PA). Setibanya di sana, Anda bisa langsung bertanya pda petugas atau langsung mengambil jalan yang berada tepat di samping kantor PA, setelah itu berjalan melewati hutan pohon jati selama kurang lebih 2 kilometer.

Pada hari-hari tertentu, seperti Jumat Legi atau malam Satu Sura, Makam Mbah Dowo selalu ramai pengunjung yang datang untuk berziarah sekaligus berdoa agar dirinya mendapatkan kelancaran rejeki, kesehatan, serta keselamatan. Doa yang diminta harus tetap ditujukan pada Allah SWT, Makam Mbah Dowo hanya sebagai perantara.

Lokasi:

Apa komentar anda?
By sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *