Makam Nyai Ageng Ngerang – Pati, Jawa Tengah

Makam Nyai Ngerang - www.tempatangker.com

Makam Nyai Ngerang – www.tempatangker.com

Tempatangker.com – Terdapat berbagai macam tempat di pati yang layak dikunjungi karena ke-kramatannya. Salah satunya adalah makam Nyai Ageng Ngerang. Beliau adalah salah satu tokoh penyebar agama islam yang bernama asli Siti Rohmah Roro Kasian.Nyai Ageng Ngerang adalah tokoh penyebar agama Islam di tanah Pati yang memiliki perjuangan dan kegigihan yang besar dalam menyerukan syiar agama Islam di wilayah pesisir utara Laut Jawa, tepatnya di Pati, Jawa Tengah. Makam Nyai Ageng Ngerang sendiri tidak terletak persis di pegunungan Kendeng, tetapi berada di lereng pegunungan Kendeng atau kaki gunung Kendeng, tepatnya di Dukuh Ngerang, Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia.

Makam Nyai Ageng Ngerang oleh pemerintah diresmikan pada 21 Mei 1998 dan acara haul diperingati pada 1 Suro atau tanggal tahun baru kalender Islam. Makam Nyai Ageng Ngerang terletak di sebelah selatan Kabupaten Pati, sekitar 17 km dari jantung kota Pati (alun-alun Pati).
Saat ini, makam Nyai Ageng Ngerang dijaga oleh juru kunci yang diambil dari Keraton Surakarta. “Makam Nyai Ageng Ngerang bukan saja menjadi bagian dari pengelolaan pemerintah Kabupaten Pati, tetapi juga langsung berada di bawah naungan Keraton Kasultanan Surakarta,” ujar juru kunci Nyai Ageng Ngerang.

Sebagaimana makam-makam tokoh Islam lainnya, makam Nyai Ageng Ngerang banyak didatangi dari berbagai kalangan, mulai dari yang ingin mendoakan, napak tilas kesejarahan Nyai Ageng Ngerang, wisata sejarah di makam Nyai Ageng Ngerang, hingga dari orang-orang yang mengharap berkah. Untuk mengantisipasi agar orang tidak terjerumus dalam perilaku musyrik, pihak pengelola makam Nyai Ageng Ngerang sudah mewanti-wanti dengan tulisan yang berada di sekitar makam Nyai Ageng Ngerang bertuliskan, “Berdoa dan memintalah kepada Allah Swt.” (ara/rah)

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *