Makam Prabu Angling Dharma – Pati Jawa Tengah

Makam Prabu Angling Dharma - Pati

Makam Prabu Angling Dharma – Pati

Tempatangker.com – Jika anda singgah ke daerah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi makam Angling Dharma. Terletak di Desa Mlawat, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.
Sebelum masuk ke area pemakaman, anda akan ditunjukkan sebuah tulisan yang berisikan “Makam Prabu Angling Dharma  Raja Mlowopati Desa Mlawat, Pati Jawa Tengah. Mlawat Sukolilo, Pati“.

Makam prabu Angling Dharma tersebut dijaga oleh seorang juru kunci yang bernama Mbah Suroso. Uniknya untuk area makam prabu Angling Dharma, sang juru kunci akan siap membuka pintu jam berapapun pengunjung datang, bahkan tengah malam sekalipun.

Menurut perbincangan dengan Mbah Suroso, Prabu Angling Dharma meninggal dan jenazahnya dimakamkan di Desa Mlawat, Sukolilo, Pati. Dan dilain hal, makam Patih Batik Madrim atau Patih yang sakti mandraguna di Kerajaan Malawapati dimakamkan di Desa Kedung Winong, Sukolilo, Pati, sekitar 2 kilometer dari lokasi makam Prabu Angling Dharmo.
Beliau juga menuturkan bahwa makam Prabu Angling Dharma yang benar terletak di Pati. Sementara di wilayah Bojonegoro hanya petilasan dimana Sang Prabu pernah singgah disana saat dikutuk menjadi belibis putih oleh tiga putri cantik dan akhirnya menjadi peliharaan putri raja Bojonegoro. Prabu Angling Dharma berubah kembali menjadi manusia saat malam hari, sehingga membuat putri Raja Bojonegoro hamil.

Area situs makam Prabu Angling Dharma juga sangat ramai dukunjungi.
“Pengunjungnya banyak dari luar kota, seperti Bogor, Bandung, Jakarta, Bali, Kediri, Madura, hingga Sumatera dan Kalimantan”, ujar Mbah Suroso.

Tempat ini sangat direkomendasikan bagi yang melewati jalur pantura. Silahkan mampir ke Pati, Jawa Tengah. (ara/rah)

Lokasi:

Apa tanggapan anda?

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *