Makam Syekh Jangkung atau Saridin – Pati Jawa Tengah

Syekh Jangkung tempatangker.com

Syekh Jangkung – tempatangker.com

Tempatangker.com – Hampir setiap hari selalu dipadati oleh pengunjung yang hendak berziarah, tepatnya di Desa Landoh, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Ialah makam Syeh Jangkung atau yang memiliki nama asli Saridin. Beliau adalah seorang toko fenomenal yang menjadi sejarah serta legenda warga Pati. Saridin yang bergelar Syeh Jangkung hidup pada era Walisongo yaitu sekitar abad ke 15. Beliau mengajarkan kepada generasi penerus bangsa akan sebuah kejujuran, keluguan, serta kesaktian yang seharusnya digunakan untuk kebaikan, bukanlah untuk kejahatan.

Mulai memasuki area Makam Syeh Jangkung, terdapat dua buah kelapa hijau tepat di pintu masuk. Menurut kabar, dua buah kelapa hijau tersebut menjadi salah satu cara mengenang riwayat perjalanan panjang Saridin, dan juga membuktikan kebenaran adanya ikan pada setiap ada air, termasuk di dalam buah kelapa saat ditanyan Sunan Kudus. Dan buah kelapa juga mengingatkan tentang Saridin, bahwa beliau pernah memanjat buah kelapa yang tinggi lalu menjatuhkan diri saat ditanya oleh Sunan Kudus tentang arti makna syahadat. Karena tindakan tersebut dinilai sebagai tindakan pamer kesaktian, maka Saridin diusir dari tanah Kudus saat saridin menjadi santri di Pondok Pesantren asuhan Sunan Kudus.

Dan banyak cerita mengenai Syech Jangkung, diantaranya mengambil air dengan keranjang yang berlubang. Di rumah, beliau memelihara kerbau jantan berukuran besar dengan bentuk tanduk melengkung ke bawah yang diberi nama Kebo Dhungkul Landhoh. Kerbau Jangkung ini menjadi terkenal di Pati karena dibawa kemana-mana oleh Jangkung. Dan menurut cerita kerbau tersebut tidak dapat mati bahkan setelai Syech Jangkung meninggal sampai akhirnya keluarga diberikan mimpi untuk membunuh kerbau tersebut dengan ‘gaman’ atau belati dari Syech Jangkung sendiri.

Jika anda mengunjungi daerah Pati atau Kudus, kami merekomendasikan untuk mampir ke Makam Syech Jangkung atau Saridin yang sakti serta lugu tersebut. (ara/rah)

Lokasi:

Apa tanggapan anda?

Apa komentar anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *